Presiden Bank Dunia Diduga Undur Diri Karena Donald Trump

CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 08:28 WIB
Presiden Bank Dunia Diduga Undur Diri Karena Donald Trump Jim Yong KIm. (REUTERS/Beawiharta).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim memutuskan untuk mengundurkan diri. Padahal, masa jabatannya baru akan berakhir tiga tahun mendatang. Pengunduran diri tersebut efektif berlaku mulai 1 Februari mendatang.

Dikutip dari Reuters, Selasa (8/1), pengunduran diri Kim diduga karena perselisihan kebijakan antara ia dengan Presiden AS Donald Trump terkait perubahan iklim.

Dalam sebuah pernyataan, Kim mengatakan usai mengundurkan diri ia akan bergabung dengan bank investasi untuk fokus pada investasi infrastruktur di negara-negara berkembang. Tapi, sumber mengatakan Kim mengundurkan diri atas kemauannya sendiri dan 'tidak diusir' oleh Pemerintahan Trump.



CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva, warga negara Bulgaria, rencananya akan mengambil alih jabatan presiden usai pengunduran diri Kim berlaku efektif 1 Februari mendatang. 

Selama masa jabatannya sebagai presiden Bank Dunia, Kim telah mendorong pendanaan untuk proyek-proyek energi hijau. Pendanaan tersebut sebagian besar mengurangi dukungan untuk investasi tenaga batubara, suatu posisi yang ditentang Trump.

Presiden Trump, yang basis dukungannya mencakup industri batu bara yang sedang sakit, akan memiliki pengaruh kuat dalam memilih pengganti Kim karena AS memegang saham pengendali hak suara Bank Dunia.


Trump tahun lalu mengasingkan banyak negara dengan keputusan menarik AS keluar dari kesepakatan global yang bertujuan mengurangi emisi gas rumah kaca, yang menurut para ilmuwan merupakan kontributor utama perubahan iklim global.
(Reuters/agt)