Operasi Tol Trans Jawa Turunkan Jumlah Penumpang Pesawat

CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 21:57 WIB
Operasi Tol Trans Jawa Turunkan Jumlah Penumpang Pesawat Tol Trans Jawa. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Angkasa Pura I (Persero) menyatakan operasi Tol Trans Jawa telah menurunkan jumlah penumpang pesawat di bandara yang mereka kelola.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menyatakan bahwa berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah penumpang pesawat turun 7,8 persen akibat operasi tol tersebut.

Kesimpulan penurunan tersebut didasarkan pada jumlah penumpang saat musim libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 kemarin. Faik mengatakan pada masa liburan tersebut jumlah penumpang pesawat yang dilayani di bandara kelolaan Angkasa Pura I hanya mencapai 4,6 juta orang.



"Secara persentase, angka ini turun 7,8 persen dibandingkan trafik libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Karena saat itu penumpang tercatat sebanyak 4,97 juta orang," katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (8/1) malam.

Faiq mengatakan selain disebabkan operasi Tol Trans Jawa, penurunan jumlah penumpang kemungkinan besar disebabkan oleh harga tiket pesawat yang tinggi. Faktor lain, banyaknya pilihan moda transportasi yang bisa digunakan masyarakat untuk liburan.

Selain itu, Faik memperkirakan penurunan penumpang juga kemungkinan dipicu oleh terjadinya bencana alam dan kecelakaan pesawat yang terjadi beberapa waktu lalu. Faktor tersebut telah meningkatkan kekhawatiran masyarakat sehingga mereka enggan berpergian dengan pesawat.

(Antara/agt)