Wapres JK Minta Bank 'Patungan' Investasi Teknologi

CNN Indonesia | Minggu, 13/01/2019 12:25 WIB
Wapres JK Minta Bank 'Patungan' Investasi Teknologi Wapres Jusuf Kalla menyebut perbankan perlu saling bekerja sama dalam menanamkan investasi di bidang teknologi untuk meningkatkan akses keuangan masyarakat. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta para pelaku industri perbankan saling bekerja sama dalam menanamkan investasi di bidang teknologi. Hal ini perlu dilakukan guna mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat.

Menurut JK, 'patungan' investasi teknologi membuat setiap bank bisa meningkatkan pelayanan dan akses keuangan kepada masyarakat.

Hal ini selanjutnya akan membuat penggunaan jasa bank oleh masyarakat ikut meningkat, baik untuk menabung, melakukan pembayaran, hingga meminjam kredit. Dengan demikian daya saing perbankan nasional diharapkan bisa meningkat dan mengimbangi kinerja bank-bank negara tetangga.



"Kalau bank tidak menggunakan teknologi yang tinggi, itu akan ketinggalan. Tapi kalau bank membuat teknologi sendiri itu akan mahal, jadi perlu kerja sama antar bank agar lebih efisien," ujar JK di Pertemuan Tahunan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jumat (11/1).

Di sisi lain, kerja sama teknologi bisa membuat penggunaan jasa bank meningkat, sehingga semangat inklusi yang kerap digaungkan pemerintah ikut tercapai.


Pemerintah sendiri mematok inklusi keuangan mencapai 75 persen pada tahun ini. Sementara per 2018, inklusi keuangan baru mencapai 63 persen. "Mudah-mudahan ini bisa diupayakan bersama," katanya.

Lebih lanjut, JK berharap OJK dan Bank Indonesia (BI) ke depannya bisa membuat kolaborasi antar bank nasional kian erat. Tak ketinggalan, konsolidasi perbankan diharapkan bisa terus dilakukan agar sektor ini kian efisien. (uli/agi)