Ekonom UGM Tony Prasetiantono Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 08:09 WIB
Ekonom UGM Tony Prasetiantono Meninggal Dunia Ekonom Universitas Gadjah Mada Tony Prasetiantono meninggal dunia pada Rabu (16/1) malam akibat sakit mendadak. (Arif/HO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM) Tony Prasetiantono meninggal dunia pada Rabu (16/1) pukul 23.30 WIB. Tony dikabarkan meninggal dunia akibat sakit mendadak.

Tony yang tinggal di Yogyakarta ini dikabarkan mendadak jatuh sakit pada malam hari saat tengah menginap di sebuah hotel di Jakarta dan meninggal dunia saat dibawa ke rumah sakit MMC. Padahal, pada siang harinya, ia sempat sempat menjadi narasumber dalam sebuah diskusi.




"Iya, benar. Saya dengar kabarnya karena sakit mendadak. Belum tahu sakit apa," ujar Ekonom PT Bank Permata Tbk Joshua Pardede saat dikonfirmasi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (17/1). 

Hingga kini, jenazah masih berada di Jakarta dan direncanakan bakal tiba di Yogyakarta pada siang ini, Kamis (17/1). 

Ekonom senior ini meraih gelar Master of Science dari University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat pada tahun 1991 dan gelar PhD dari Australian National University, Canberra pada tahun 2005.


Ia sudah menjadi dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Gadjah Mada Universitas sejak 1986. Tony juga sempat menjabat sebagai Kepala Ekonom Bank Negara Indonesia pada 2006 dan menjadi Direktur Pusat Econonomic dan Studi Kebijakan Publik di Universitas Gadjah Mada sejak tahun 2009.

Selain aktif sebagai ekonom, Tony juga sempat menjabat sebagai komisaris di sejumlah bank. Ia pernah menjadi Komisaris Indepen di Bank Permata pada 2010 hingga 2017 dan Komisaris Indenpenden Bank Mandiri pada 2003 hingga 2005. (agi)