Hitung Untung Erick Thohir Usai Lepas Saham Inter Milan

CNN Indonesia | Senin, 28/01/2019 10:43 WIB
Hitung Untung Erick Thohir Usai Lepas Saham Inter Milan Ilustrasi. (Pixabay/martaposemuckel).
Jakarta, CNN Indonesia -- Erick Thohir mengantongi dana segar sekitar 150 juta euro atau Rp2,4 triliun (kurs Rp16.072) melalui penjualan saham Inter Milan sebesar 31,05 persen kepada Lion Rock Capital pada Januari 2019. Aksi ini membuat Erick tak lagi menjadi pemegang saham klub sepak bola asal Italia itu.

Mengutip website resmi Inter Milan, Lion Rock Capital kini menjadi pemegang saham minoritas baru di klub sepak bola tersebut. Perusahaan asal Hong Kong itu pun disambut hangat oleh Inter Milan.

"Klub menyambut Lion Rock dan mengharapkan mereka untuk membantu dan mendukung Suning (pemegang saham mayoritas) dalam membawa kesuksesan lebih lanjut," ungkap manajemen Inter Milan dalam keterangan resmi, dikutip Senin (28/1).



Tak lupa, Inter Milan turut mengapresiasi Erick yang sudah bergabung dengan Inter Milan beberapa tahun terakhir. "Kami mengucapkan (kepada Erick) semoga sukses di masa depan," imbuh manajemen.

Berdasarkan historinya, Erick memiliki saham Inter Milan melalui International Sports Capital HK Limited. Perusahaan itu dibuat bersama beberapa pengusaha asal Indonesia untuk mengakuisisi Inter Milan pada 2013 lalu.

Saat itu, Erick mengakuisisi saham Inter Milan dari tangan pemilik lama, Massimo Moratti sebesar 70 persen. Dengan demikian, Erick menjadi pemegang saham mayoritas sejak 2013, sedangkan Moratti masih menggenggam 30 persen saham Inter Milan.

Data Forbes mengungkapkan Erick merogoh kocek hingga 250 juta euro atau Rp4,01 triliun untuk mengakuisisi 70 persen saham Inter Milan.


Selanjutnya pada 2016, Erick dan Moratti sama-sama menjual sahamnya kepada Grup Suning. Erick melepas saham sekitar 40 persen dan Moratti 30 persen. Walhasil, Grup Suning menjadi pemilik saham mayoritas baru di Inter Milan sejak saat itu dengan kepemilikan hampir 70 persen.

Mengutip Reuters, Grup Suning mengucurkan dana sebesar 270 juta euro atau Rp4,33 triliun dengan mengambil alih saham Erick dan Moratti.

Bila dihitung berdasarkan persentase nilai investasi, maka Erick memperoleh dana penjualan 40 persen saham sekitar 108 juta euro. Sedangkan sisa saham sekitar 30 persen yang digadai tahun ini bernilai 150 juta euro.

Berdasarkan perhitungan akumulasi, total dana yang dikantongi Erick dari hasil penjualan seluruh saham Inter Milan yang dia genggam ialah sekitar 258 juta euro. Angka itu lebih tinggi 8 juta euro dari nilai pembelian saham pada 2013 lalu.


CNNIndonesia.com sudah mencoba mengonfirmasi mengenai keuntungan atas penjualan saham Inter Milan ini kepada Erick Thohir melalui telepon dan pesan singkat. Namun hingga berita ini diturunkan yang bersangkutan belum juga merepons. (aud/lav)