LPS: Tak Ada Perpindahan Dana Bank Besar-besaran Tahun Lalu

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 17:05 WIB
LPS: Tak Ada Perpindahan Dana Bank Besar-besaran Tahun Lalu Ilustrasi dana pihak ketiga perbankan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan tak ada perpindahan dana yang mengkhawatirkan dari perbankan sepanjang tahun lalu. Pergerakan dana pihak ketiga (DPK) masih berada dalam batas wajar.

Ketua LPS Halim Alamsyah mengaku pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap pergerakan dan dan dampaknya terhadap kinerja perbankan secara individual. Sejauh in, menurut dia, pergerakan dana di perbankan masih berada dalam batas wajar.

"Tidak ada perpindahan dana yang mengkhawatirkan, cakupan penjaminan masih sekitar 99,9 persen. Ini menunjukkan kepatuhan masyarakat terhadap keamanan dananya di sektor perbankan masih tinggi," ujar Halim di Jakarta, Selasa (29/1).



Halim menyebut likuiditas perbankan tahun lalu memang sempat beberapa kali mengetat. Namun, saat ini, kondisinya sudah mulai membaik.

LPS mencatat sepanjang tahun lalu, suku bunga deposito rupiah pada 66 bank yang dipantau lembaga tersebut sebagai banchmark telah meningkat 66 basis poin menjadi 6,17 persen. Sementara suku bunga valuta asing meningkat 64 basis poin menjadi 1,2 persen.

"Pada beberapa bank memang terlihat suku bunga spesial rate atau khusus untuk nasabah prima, mereka itu menjadi lebih tinggi akhir-akhir ini," terang dia.


Halim memperkirakan suku bunga simpanan masih berpeluang meningkat, tetapi dengan laju yang lebih lambat.

"Sesuai dengan perkembangan tersebut, pada 13 Januari lalu LPS telah menaikan suku bunga penjaminan sebesar 0,25 persen menjadi 7 persen untuk simpanan rupiah di bank umum dan 9,5 persen untuk simpanan BPR," kata dia. (aud/agi)


BACA JUGA