Bank Jepang Resmi Kuasai 96,9 Persen Saham BTPN

CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 19:39 WIB
Bank Jepang Resmi Kuasai 96,9 Persen Saham BTPN Ilustrasi BTPN. (ANTARA FOTO/Audy Alwi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank terbesar kedua di Jepang, Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) resmi memiliki 96,9 persen saham PT Bank Tabungan Pensiunan Negara Tbk (BTPN). Porsi kepemilikan saham tersebut meningkat dari sebelumnya yang hanya sebesar 39,92 persen.

Managing Executive Officer SMBC Yoshihiro Hyakutomo menjelaskan peningkatan posi kepemilikan saham seiring pelaksanaan penawaran pembelian saham kepada pemegang saham BTPN sehubungan dengan penggabungan dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

"BTPN akan menjadi bank hasil penggabungan," jelas Yoshihiro dalam keterangan resmi, Rabu (30/1).



Kenaikan porsi saham SMBC pada BTPN seiring dengan transaksi penambahan saham sebanyak 3,33 miliar atau sekitar 56,98 persen yang dilakukan pada hari ini, Rabu (30/1). Transaksi saham tersebut dilakukan pada harga Rp4.282 per saham.

Sesuai jadwal penggabungan atau merger BTPN dan SMBC yang diumumkan sebelumnya, Bank Indonesia akan menerbitkan persetujuan penggabungan sistem pembayaran kedua bank tersebut pada 31 Januari.


Sementara tanggal efektif penggabungan kedua bank tersebut jatuh pada 1 Februari 2019. Pada waktu yang sama nama PT Bank Tabungan Pensiunan Negara Tbk bakal resmi berganti menjadi PT Bank BTPN Tbk.

Dalam ringkasan rancangan penggabungan BTPN dan Bank Sumitomo Indonesia, total aset bank hasil merger dengan menggunakan posisi keuangan 31 Mei 2018 mencapai Rp178 triliun. Sementara total ekuitas diperkirakan mencapai Rp26,92 triliun. (agi/agi)