Bisnis Rumah Murah Bakal Tokcer di Tahun Babi Tanah

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 05/02/2019 09:06 WIB
Bisnis Rumah Murah Bakal Tokcer di Tahun Babi Tanah Bisnis rumah murah bakal melejit di tahun Babi Tanah, menurut ramalan fengshui. (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Prospek bisnis menjadi hal yang paling diperhatikan dalam pergantian tahun baru berdasarkan penanggalan Tionghoa alias Imlek. Tak jarang masyarakat percaya prospek itu bisa terbaca lewat shio dan unsur yang mewakili tahun tersebut.

CEO ARA Hunter Hendra Martono mengatakan 2019 merupakan tahun yang dilambangkan dengan shio babi, unsur tanah, dan sifat yin. Dalam peruntungan China, tahun ini bisa memberikan hoki pada unsur tanah dengan skala kecil, misalnya penjualan rumah murah dengan harga di bawah Rp1 miliar.

Sementara bisnis berunsur tanah skala besar, menurutnya, tetap bisa memperoleh cuan asal bermain di proyek-proyek yang menyasar kalangan masyarakat menengah ke bawah. Misalnya, membangun perumahan untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.



"Sifat yin ini cenderung ke hal yang lebih kecil. Jadi kalau jual rumah atau apartemen Rp2-3 miliar mungkin kurang laku, tapi yang lebih kecil seperti Rp500-800 juta kemungkinan lebih dapat berkah," ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (4/2).

Tak hanya yang berunsur tanah, hoki juga bisa didapat sektor usaha berunsur kayu, seperti perkebunan. Misalnya, sektor industri minyak sawit mentah (Crude Palm Oils/CPO). Menurutnya, sektor ini bisa lebih baik pada tahun ini ketimbang tahun lalu karena harga CPO di pasar internasional juga menandakan perbaikan.

Unsur lain yang bisa memperoleh untung, yaitu logam, baik yang bersifat besar maupun kecil, seperti alat berat, besi, mineral, hingga jasa keuangan perbankan. Khusus untuk perbankan, Hendra bilang, sektor usaha ini terbantu dengan perkembangan teknologi. Artinya, layanan pembayaran digital diperkirakan bakal meroket tahun ini.

"Bisnis e-commerce (perdagangan online) juga bisa naik, tapi tergantung produknya, misalnya yang prospeknya bagus produk kecantikan," terangnya.


Sedangkan unsur yang kurang akrab dengan tanah, seperti api dan air, diperkirakan bakal cukup sulit pertumbuhannya pada tahun ini. Usaha berunsur api misalnya energi, kelistrikan, hingga kuliner.

"Kuliner itu kan masaknya pakai api, itu baik yang restoran besar hingga yang kecil agak kesulitan. Dapur mungkin terus mengebul, kejar setoran, tapi cuannya kurang," jelasnya.

Selanjutnya, bisnis di unsur air, yaitu penjualan data dan pulsa, software, transportasi, hingga hal yang berkaitan dengan distribusi, seperti kelogistikan. Hal ini, katanya, sudah terkonfirmasi dengan kenaikan tarif logistik nasional, sehingga pertumbuhan sektor usaha ini bisa tertekan.


Secara keseluruhan, ia melihat kondisi bisnis dan perekonomian cenderung membaik pada tahun ini dibandingkan tahun lalu, meski keduanya diwakili oleh unsur tanah. Hal ini karena pengaruh karakteristik shio yang mewakili masing-masing tahun.

Pada 2018 lalu, shio yang mewakili adalah anjing. Karakteristik anjing kerap digambarkan merupakan binatang yang tidak sabar dan mudah menggonggong. Sedangkan tahun ini dengan shio babi, cenderung lebih penyabar.

Senada, ahli fengshui Suhu Yo mengatakan kondisi bisnis dan ekonomi bisa lebih baik pada tahun ini dibandingkan tahun lalu. "Anjing itu karakternya rusuh, suka menggonggong, makanya ekonomi tahun lalu lebih bergejolak, tapi tahun ini bisa lebih santai, adem, saham-saham mulai naik," ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan unsur yang paling cuan tahun ini ialah tanah dan logam, seperti permobilan, konstruksi, hasil bumi pertanian dan perkebunan, jasa keuangan, muatan kapal, hingga hasil laut. Sedangkan yang kurang beruntung seperti hasil pertambangan, batu bara, minyak, alat listrik, hingga kuliner.

Sementara berdasarkan shio, kambing, anjing, dan kelinci merupakan shio yang paling cocok dengan babi, sehingga bisa ikut mendapat keberuntungan. Kemudian, shio naga, macan, kerbau, dan kuda berada di tengah-tengah.

"Ini seolah diberi jalan, tapi hokinya tidak besar sekali," imbuhnya.

Selanjutnya, shio ayam merupakan shio yang harus bekerja keras agar bisa mendapat hoki tahun ini. Sedangkan shio ular dan monyet disebut minim keberuntungan.

[Gambas:Video CNN] (uli/rsa)