Tarif Rp1 KA Pangandaran Diperpanjang sampai Akhir Februari

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 10:21 WIB
Tarif Rp1 KA Pangandaran Diperpanjang sampai Akhir Februari Ilustrasi. (CNN Indonesia/Harvey Darian).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memperpanjang masa promosi harga tiket Kereta Api (KA) Pangandaran dari yang sebelumnya hanya sampai 1 Februari 2019 menjadi hingga 28 Februari 2019.

Sebelumnya, KA Pangandaran diluncurkan pada 2 Januari 2019 dengan melayani penumpang di rute Gambir-Bandung-Banjar PP. Layanan ini dimanfaatkan penumpang yang ingin melintasi Jawa Barat bagian selatan.

Dalam keterangan tertulis perseroan disebutkan, KA Pangandaran telah mengangkut 98.549 penumpang sampai 30 Januari 2019 lalu, dengan rata-rata okupansi harian mencapai 160 persen dari kapasitas tempat duduk.



"Untuk melayani lebih banyak penumpang, KAI memperpanjang masa Promosi KA Pangandaran yang sebelumnya hanya sampai 1 Februari 2019 menjadi hingga 28 Februari 2019," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keterangan tertulis, Rabu (4/2).

Menurut dia, perpanjangan promosi layanan KA Pangandaran ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa kereta api menjadi alternatif pilihan transportasi yang mengurangi kemacetan di jalan raya.

Adapun, penumpang KA Pangandaran jalur Gambir-Banjar PP dikenakan tarif Rp160 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp110 ribu untuk kelas ekonomi premium. Pemesanan dapat dilakukan mulai H-30 di seluruh jalur penjualan resmi KAI.


Penumpang KA Pangandaran jalur Bandung-Banjar PP hanya perlu membayar tiket senilai Rp1 baik untuk kelas eksekutif maupun kelas ekonomi premium. Untuk tiket ini, pemesanan hanya dapat dilakukan di loket stasiun pada hari keberangkatan. Setiap pengantre dibatasi pembeliannya maksimal empat tiket.

Tak hanya itu, angkutan Lanjutan rute Cibatu-Garut PP masih disediakan secara gratis. Penumpang cukup membeli tiket relasi Gambir-Garut dan akan mendapatkan layanan angkutan lanjutan secara cuma-cuma dari Stasiun Cibatu menuju Garut atau sebaliknya. (lav/agi)