Jokowi Segera Bangun Jalan Tol Bogor-Bandung Via Cianjur

CNN Indonesia | Jumat, 08/02/2019 19:27 WIB
Jokowi Segera Bangun Jalan Tol Bogor-Bandung Via Cianjur Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Alun-alun Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (8/2). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah berencana membangun jalan tol dengan rute wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur, hingga Bandung, Jawa Barat. Jalan tersebut merupakan kelanjutan dari rute Jalan Tol Bogor, Ciawi, hingga Sukabumi (Bocimi).

"Sambung, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung. Sama seperti yang saya sampaikan dulu kan waktu di Sukabumi," kata Jokowi di Alun-alun Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (8/2).

Jokowi menyatakan untuk saat ini pembangunan jalan tol yang melintasi bagian selatan Jawa Barat tersebut masih dalam tahap perencanaan. Menurut dia, pemerintah sedang menetapkan lokasi pembangunan untuk jalan tol di wilayah Cianjur.



"Penetapan lokasi saja belum. Penetapan lokasi dulu baru ngomong kapan. Tapi itu sudah dalam perencanaan," ujar Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyatakan dengan kehadiran tol di wilayah Cianjur yang nantinya terhubung ke Sukabumi, Bogor hingga Bandung akan memberikan alternatif jalan bagi masyarakat. Intinya, hal paling penting ialah mobilitas masyarakat dan barang semakin cepat.

"Yang pasti itu akan memudahkan, memurahkan, pasti itu. Efisiensi pasti," kata Jokowi.


Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan jalan Tol Bogor-Sukabumi akan tersambung pada akhir tahun ini. Setelah tersambung, kata mantan wali kota Solo itu pihaknya akan menunjuk lokasi pembangunan jalan tol di Cianjur yang menyambung ke Bandung.

"Tapi Bogor Sukabumi insyaAllah tahun depan rampung, nanti disambung ada penunjukan lokasi di sini (Cianjur), penetapan lokasi langsung menuju Bandung," ujarnya. (fra/lav)