Menteri BUMN Sebut ESDM Racik Penurunan Harga Avtur

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 15:13 WIB
Menteri BUMN Sebut ESDM Racik Penurunan Harga Avtur Ilustrasi pengisian avtur di Bandara Soekarno Hatta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan masih mengkaji kemungkinan penurunan harga avtur PT Pertamina (Persero). Formula penurunan harga avtur saat ini tengah disusun oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Kan baru saja Pak Menteri ESDM mengeluarkan formula. Jadi formula harga itu disiapkan, sehingga dari cost bisa dapat maksimum margin 10 persen," ujar Rini di kantor wakil presiden, Jakarta, Rabu (13/2).

Rini mengatakan penentuan harga avtur nantinya merujuk pada Mean of Platts Singapore (MOPS) yang selama ini menjadi acuan harga transaksi minyak mentah dan bahan bakar minyak (BBM) di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sementara saat ini acuan harga di MOPS disebut Rini tengah mengalami penurunan.


"Dasar formulanya dari MOPS. Kalau kita lihat sekarang lagi menurun, jadi kita lihat (harga avtur) ini bisa turun sampai seberapa," katanya.


Harga avtur Pertamina sebelumnya diklaim sudah turun sejak November 2018. Pihak BUMN menegaskan semestinya tidak ada lagi isu yang menyebut harga avtur yang membuat lonjakan harga tiket pesawat.

Namun, Jokowi awal pekan ini meminta Pertamina menurunkan harga avtur untuk penerbangan domestik. Pasalnya, perusahaan pelat merah itu menjual avtur lebih tinggi untuk rute penerbangan lokal dibandingkan dengan penerbangan internasional.

Seperti diketahui, Pertamina adalah satu-satunya perusahaan yang menjual avtur untuk seluruh maskapai dalam negeri. Jokowi bahkan menyebut Pertamina melakukan praktik monopoli avtur karena menjadi pemain sendiri di Indonesia.

(pris/agt)