Jika Terpilih, Jokowi akan Konsisten Bangun Infrastruktur

CNN Indonesia | Minggu, 17/02/2019 20:55 WIB
Jika Terpilih, Jokowi akan Konsisten Bangun Infrastruktur Calon Presiden Jokowi menyatakan jika terpilih kembali menjadi presiden, ia akan konsisten melanjutkan pembangunan infrastruktur. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden Jokowi dalam debat calon presiden kedua menyatakan bakal konsisten dalam membangun infrastruktur jika terpilih menjadi presiden kembali. Konsistensi dilakukan demi menjamin terciptanya konektivitas yang baik diseluruh wilayah Indonesia.

"Bukan hanya urusan jalan tol. Bukan hanya pelabuhan. Bukan hanya urusan bandara. Bukan hanya pembangkit listrik tetapi juga yang berkaitan dengan digitalisasi kami telah membangun Palapa Ring," ujar Jokowi saat menghadiri debat capres kedua di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2).

Jokowi kemudian memamerkan kinerjanya di bidang infrastruktur. Dalam 4 tahun pemerintahannya, pemerintah telah membangun jalan, jalan tol, pelabuhan baru maupun pengembangan, bandara baru maupun pengembangan, hingga di konektivitas jaringan melalui Palapa Ring.



"Di Indonesia bagian barat (Palapa Ring) telah selesai 100 persen. Di Indonesia bagian tengah telah selesai 100 persen dan di bagian timur telah selesai 90 persen dan kami akan selesaikan tahun ini," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan konektivitas, baik antar provinsi maupun pulau, diperlukan untuk mempermudah logistik dan transportasi barang. Hal itu akan berimbas pada peningkatan daya saing ekonomi.

Sebagai informasi, berdasarkan indeks daya saing global 2018 (Global Competitiveness Index 2018 yang dirilis, daya saing Indonesia menduduki peringkat 45 dari 140 negara. Di bidang infrastruktur, Indonesia menduduki peringkat ke 71 dengan skor 67.
(CTR)