Debat Capres, Menteri-menteri Ekonomi Bakal Dampingi Jokowi

CNN Indonesia | Minggu, 17/02/2019 17:28 WIB
Debat Capres, Menteri-menteri Ekonomi Bakal Dampingi Jokowi Menteri-menteri ekonomi yang akan hadir dalam debat capres kedua mendampingi Jokowi, antara lain Darmin Nasution, Luhut Pandjaitan, Bambang Brodjonegoro, dan Basuki Hadimuljono. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah menteri Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal menghadiri acara debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kedua yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta Pusat pada Minggu (17/2) pukul 19.00 WIB. Mereka hadir guna memenuhi undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan sumber CNNIndonesia.com, sejumlah menteri yang akan hadir, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia Wiranto.

Kemudian, turut hadir Menteri Perencana Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Bappenas Bambang P. S. Brodjonegoro, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.


Lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Selain para menteri, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang, dan Kepala Badan Restorasi Gambut Nazir Foead.


Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moergiaso kepada CNNIndonesia.com mengkofirmasi kehadiran Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

"Beliau (Menko Darmin) sampaikan kalau merencanakan akan hadir karena ada undangan resmi dari KPU," ujar Susi.

Sementara beberapa menteri lainnya tidak hadir, meski turut diundang, yakni Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.

Begitu pula dengan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Moermahadi Soerja Djanegara dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Pada debat kedua, calon presiden Jokowi dan Prabowo Subianto akan beradu pendapat mengenai isu-isu di sektor energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Sementara masing-masing calon wakil presiden tidak ikut berdebat, tetapi akan bertemu pada debat ketiga mendatang.


Pada debat capres kedua yang dijadwalkan pada malam nanti, KPU tetap menyiapkan enam segmen pada debat yang mencakup: penyampaian visi-misi (segmen 1), pertanyaan tim panelis (segmen 2-3), debat eksploratif dengan pemantik diskusi berupa video singkat, capres tarung bebas, dan kemudian pernyataan penutup.

Satu hal menarik yang mungkin tersaji pada debat kali ini adalah di segmen keempat. Segmen ini diawali oleh Ketua KPU Arief Budiman yang memilik secara acak video 30 detik yang akan ditayangkan dan menjadi materi debat. Kemudian, Jokowi dan Prabowo akan tarung bebas selama 16 menit, tanpa dibatasi waktu berbicara.

Materi video debat sendiri dirumuskan tim panelis dan akan diproduksi oleh rumah produksi profesional. Selain video, perubahan lainnya adalah KPU tidak lagi membocorkan terlebih dahulu pertanyaan di segmen dua dan tiga seperti yang terjadi pada debat perdana.

Tim panelis untuk debat capres kedua ini beranggotakan Joni Hermana (Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Nur Hidayati (Direktur Eksekutif Walhi), Arif Satria (Rektor Institut Pertanian Bogor), Irwandy Arif (ahli pertambangan Institut Teknologi Bandung), Ahmad Agus Setiawan (pakar energi Universitas Gadjah Mada), Sudharto Prawata Hadi (pakar Lingkungan Hidup), Dewi Kartika (Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA).

(uli/agi)