Repsol Garap Cadangan Gas Baru di Blok Sakakemang, Sumsel

CNN Indonesia | Senin, 18/02/2019 13:30 WIB
Repsol Garap Cadangan Gas Baru di Blok Sakakemang, Sumsel Ilustrasi. (www.skkmigas.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Repsol, perusahaan sektor minyak dan gas (migas) asal Spanyol, dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menandatangani kerja sama wilayah kerja eksplorasi South Sakakemang di Sumatera Selatan.

Penandatanganan dilakukan di Jakarta pada Senin (18/2) hari ini. Sumur deliniasi dari penemuan ini akan dilakukan pada tahun ini.

"Dengan koordinasi yang baik antara Repsol dan SKK Migas, setiap masalah yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik sehingga pada akhirnya sumur ini mencapai target di kedalaman 2430 m MD pada awal Februari 2019," ujar Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher dalam keterangan tertulis, Senin (18/2).


Sejak tanggal 10 Februari hingga beberapa hari ke depan Repsol melakukan tes produksi dengan hasil sementara laju alir tes yakni 45 mmscfd.


Keberhasilan sumur KBD 2X akan membuka eksplorasi dengan target fractured basement di Sumatera Selatan hingga ke Sumatera Tengah. 

Kedua pihak mengaku akan terus bersinergi dan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk dapat menghitung secara terukur besaran cadangan gas di KBD 2X. Selain itu, mengkomersialisasi penemuan ini dalam rangka memenuhi kebutuhan energi indonesia di waktu yang singkat.

"Repsol tetap berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan eksplorasi dan menambah asetnya di Indonesia.," katanya.

Sebagai informasi, Repsol masuk kembali ke Indonesia pada 2009-2010 dengan fokus pada aset di Indonesia timur dan melakukan satu pengeboran eksplorasi dengan hasil dryhole. Setelah itu repsol mengambil Talisman pada tahun 2015.


Saat ini, Repsol mengelola empat wilayah kerja eksplorasi (East Jabung, Sakakemang, South East Jabung, Andaman 3), dan di satu wilayah kerja produksi sebagai mitra nonoperator.

Di tengah kondisi harga minyak dunia yang rendah, Repsol tetap melakukan investasi pada kegiatan eksplorasi Indonesia seperti akuisisi seismik, dan empat pengeboran sumur eksplorasi pada periode 2017-2018. 

Repsol membeli Talisman pada 2015, WK Sakakemang menjadi salah satu aset yang ikut dibeli. Sejak itu, Repsol mengakselerasi kegiatan eksplorasi dan pada 2018 memutuskan untuk melakukan pengeboran ke dua di dalam Wilayah Kerja Sakakemang. 

Sumur Kaliberau Dalam 2X (KBD2X) ditajak pada tanggal 20 Agustus 2018 dengan target fractured basement. Lokasi sumur berada sekitar 60 Km dari lapangan gas raksasa Suban.


Sejak awal, SKK Migas memasukan sumur ini dalam salah satu sumur kunci 2018/2019 dan memasukan dalam kategori 'handle with care' karena potensi penemuan kaliberau dalam yang bisa dimasukan kedalam kategori lapangan gas raksasa. (sfr/lav)