Beli Beras di Cilacap, Jokowi Tolak Kembalian Rp65 Ribu

CNN Indonesia | Selasa, 26/02/2019 07:57 WIB
Beli Beras di Cilacap, Jokowi Tolak Kembalian Rp65 Ribu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung harga beras di Pasar Pelem Gading Limbangan, Cilacap, Jawa Tengah Senin (25/2). (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Cilacap, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung harga beras di Pasar Pelem Gading Limbangan, salah satu pasar di Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah pada Senin (25/2). Peninjauan tersebut dilakukan di sela kunjungan kerja dalam rangka peresmian PLTU Cilacap Ekspansi 1.

Ketika memasuki pasar tradisional tersebut, Jokowi seketika disambut oleh para masyarakat, baik pedagang maupun pembeli di pasar tersebut. Beberapa orang di antaranya meminta kepala negara untuk salaman hingga berswafoto.

Selanjutnya, mantan gubernur DKI Jakarta itu memasuki salah satu lorong pasar. Ia kemudian berhenti di depan toko bernama Mekar yang menjual berbagai jenis beras.


"Harga beras bagaimana Bu?" tanya Jokowi kepada Nina, pemilik toko tersebut.


"Stabil Pak," jawab Nina.

"Ini kalau yang ini berapa?" tanya Jokowi lagi.

"Rp13.500 per kg, Pak. Beras Mentik Wangi, asli dari petani lokal sini," timpal Nina.

"Coba, saya mau yang ini, 5 kilo (kilogram) ya," tutur mantan wali kota Solo itu.

"Atau mau yang ini, Pak, sudah dikemas 10 kilo?," tawar Nina.

[Gambas:Video CNN]

"Oh ya sudah, ini saja sudah. Berapa?" tanya Jokowi.

"Satu kilo-nya Rp13.500 Pak, 10 liter jadi Rp135 ribu," jawab Nina.

Tak lama, Jokowi memanggil stafnya untuk memberikan uang pembelian beras tersebut kepada Nina. Ia mengeluarkan Rp200 ribu dan memberikannya kepada pedagang asal Cilacap itu. Namun menurut Nina, Jokowi enggan menerima uang kembali yang masih berjumlah Rp65 ribu.

"Iya tidak mau kembali. Jujur kaget saya, senang, seperti mimpi tiba-tiba Pak Jokowi beli beras. Padahal tak ada yang kasih tahu. Ini uangnya mau saya simpan saja, tidak dipakai," ungkap perempuan berusia 35 tahun itu.


Lebih lanjut, Nina menuturkan harga beras di Pasar Pelem Gading Limbangan cukup stabil dalam beberapa minggu terakhir. Menurutnya, hal ini terjadi karena masa panen petani lokal sudah berlangsung, sehingga pasokan beras meningkat.

"Ini beberapa saya ambil dari petani lokal, sudah panen sejak beberapa minggu yang lalu," ucapnya.

Tak hanya Jokowi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno turut membeli beras dari toko milik Nina. Rini membeli 5 kilogram beras seharga Rp50 ribu dengan tipe IR54.

"Kalau yang dibeli ibu tadi beras sini juga. Itu saya beli harga awalnya Rp9.200 per kg," pungkasnya.

Sebelumnya, Jokowi sengaja datang ke Cilacap untuk meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap Ekspansi dengan kapasitas 1x660 Megawatt (MW) di Kelurahan Karangandri, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

(uli/agt)