Jokowi Minta Garuda Buka Penerbangan Jakarta-Tasikmalaya

CNN Indonesia | Kamis, 28/02/2019 06:01 WIB
Jokowi Minta Garuda Buka Penerbangan Jakarta-Tasikmalaya Presiden Jokowi memerintahkan PT Garuda Indonesia (Persero) untuk membuka penerbangan Jakarta-Tasikmalaya mulai Maret ini. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Tasikmalaya, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bakal memerintahkan maskapai Garuda Indonesia untuk membuka penerbangan Jakarta-Tasikmalaya, Jawa Barat (PP).

Jokowi berharap dengan perintah tersebut, penerbangan baru Garuda itu bisa dimulai pada Maret 2019. "Kami harapkan Maret sudah ada tambahan flight lagi. Saya akan perintah lagi Garuda tambah satu (penerbangan). Karena kelihatannya pasarnya menghendaki itu," kata Jokowi di Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (27/2).

Jokowi menyebut rute penerbangan baru Garuda ke Tasikmalaya ini kemungkinan bakal melalui Bandung terlebih dahulu. Menurut Jokowi, sementara penerbangan lainnya akan langsung Jakarta-Tasikmalaya.


"Mungkin tadi sesuai usulan Pak Gub (Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil), mungkin bisa saja yang satu lewat Bandung, Jakarta-Bandung-Tasik, Tasik-Bandung-Jakarta. Yang satu langsung," ujarnya.


Jokowi sekaligus meresmikan terminal penumpang yang baru di Bandara Wiriadinata. Secara simbolis, Jokowi menandatangani prasasti peresmian terminal penumpang baru tersebut.

Dengan peresmian ini, terminal baru itu sudah bisa difungsikan. Bandara Wiriadinata Tasikmalaya sudah beroperasi sejak pertengahan Juni 2017 lalu.

Bandara itu sudah melayani penerbangan maskapai Wings Air atau jenis ATR dengan rute Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

(agt/agt)