Besok, Jokowi Resmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

CNN Indonesia | Kamis, 07/03/2019 13:20 WIB
Besok, Jokowi Resmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Ilustrasi Gerbang Tol Bakauheni. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni (Lampung Selatan)-Terbanggi Besar (Lampung Tengah) sepanjang 140,9 km pada Jumat (8/3).

"Pembangunan Jalan Tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar selesai dan siap dioperasikan. Untuk itu, saya memastikan langsung berbagai persiapan terkait peresmian jalan tol ini," ujar Gubernur Lampung Ridho Ficardo, dikutip dari Antara Kamis (7/3).

Ridho menjelaskan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar bakal diresmikan langsung oleh Jokowi di Gerbang Tol Natar, Lampung Selatan.



Sebelumnya beberapa ruas Bakauheni-Terbanggi Besar telah diresmikan Presiden Jokowi pada 20 Januari 2018 lalu.

Ruas-ruas JTTS tersebut berada pada Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo segmen Pelabuhan Bakauheni sampai Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 km, dan di Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru segmen SS Lematang sampai SS Kotabaru sepanjang 5,6 km.

Secara terpisah, Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo menjelaskan nantinta Jalan Tol Bakauheni-Terbanggoi bisa dilalui kendaraan dengan kecepatan 60 hingga 100 Km /jam. Pembangunan jalan tol ruas tersebut terdiri dari 4 bagian dengan waktu konsesi 40 tahun.


Adapun biaya pembangunan ruas tol tersebut mencapai Rp16,79 triliun.

Jalan tol yang menghubungkan dua kota di bagian selatan Sumatera ini diharapkan dapat meningkatkan pengembangan minyak dan gas di Dumai, serta bisnis pertanian pemula di daerah tersebut.

Jalan Tol Bakauheni (Lampung Selatan)-Terbanggi Besar (Lampung Tengah) merupakan satu dari 24 ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menyambung wilayah Aceh hingga Lampung. Panjang Jalan Tol Trans Sumatera diperkirakan mencapai 2.765 km dengan total biaya investasi Rp476 triliun. (Antara/agi)