Ekonomi Jepang Tumbuh 0,5 Persen pada Kuartal IV 2018

CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 10:24 WIB
Ekonomi Jepang Tumbuh 0,5 Persen pada Kuartal IV 2018 Ilustrasi. (REUTERS/Kimimasa Mayama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ekonomi Jepang pada periode Oktober-Desember 2018 berhasil tumbuh lebih cepat dibandingkan perkiraan.

Berdasarkan data resmi pemerintah Jepang yang dikeluarkan Jumat (8/3), pertumbuhan ekonomi negara tersebut berhasil mencapai, 0,5 persen, naik dibandingkan periode sebelumnya yang hanya 0,3 persen.

Data pemerintah Jepang, pertumbuhan ekonomi tersebut banyak ditopang oleh kinerja investasi yang kuat. Selain investasi, pertumbuhan juga didorong oleh konsumsi rumah tangga di Jepang.


Meskipun tumbuh lebih kuat, Kantor Kabinet Jepang Kamis kemarin justru terlihat pesimis dengan kinerja ekonomi mereka. Atas keraguan tersebut mereka bahkan merevisi turun pertumbuhan mereka.


Revisi turun dilakukan karena indeks kepercayaan bisnis di Negeri Sakura pada Januari yang lalu turun. Penurunan tersebut terjadi selama tiga bulan berturut-turut.

"Penurunan tersebut mungkin menandakan titik balik yang terjadi di perekonomian," kata Kantor Kabinet Jepang seperti dikutip dari AFP, Jumat (8/3).

Sebelum merevisi turun, analis memang telah memperingatkan Jepang. Peringatan mereka berikan terkait kecamuk perang dagang yang dikobarkan Amerika Serikat kepada sejumlah negara. 

Perang dagang tersebut kata analis, bisa menjadi faktor risiko bagi Jepang yang saat ini memang tengah berjuang melawan deflasi. 



(AFP/agt)