Kemenhub Pangkas Subsidi Angkut Motor saat Mudik jadi Rp28 M

CNN Indonesia | Jumat, 15/03/2019 14:07 WIB
Kemenhub Pangkas Subsidi Angkut Motor saat Mudik jadi Rp28 M Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelontorkan dana subsidi untuk program angkutan motor gratis saat mudik lebaran tahun ini sebesar Rp28 miliar. Angka itu melorot 22,22 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp36 miliar.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Zulmafendi mengatakan penurunan subsidi ini tak mempengaruhi pelayanan program angkutan motor gratis tersebut. Pemerintah juga tak mengurangi kuota 18.096 motor.

"Ini kan lelang, tapi standar pelayanan tetap sama," ucap Zulmafendi, Kamis (14/3).


Ia mengatakan masyarakat sudah bisa mendaftar untuk mengikuti program ini sejak 12 Maret hingga 25 Mei 2019 secara online melalui laman resmi mudikgratis.dephub.go.id.

Lalu, pemerintah juga menyediakan tempat untuk mendaftar secara langsung pada 12 Maret sampai 13 Mei 2019 di beberapa stasiun yang ditunjuk.

"Misalnya Stasiun Cikarang, Cimahi, dan Condong," katanya.


Dengan program ini, masyarakat akan menitipkan motornya untuk sampai ke tempat tujuan mudik dengan kereta. Pemerintah berharap pelayanan ini bisa mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Nantinya, program angkutan motor gratis ini akan melayani tiga lintasan, yakni lintas utara, lintas selatan I, dan lintas selatan 2. Rute untuk lintas utara dari Stasiun Jakarta Gudang-Surabaya Pasarturi, lintas selatan I dari Stasiun Gudang-Kutoarjo, dan lintas selatan 2 dari Stasiun Jakarta Gudang-Yogyakarta-Surabaya Turi.

"Nanti kereta 13 gerbong, kami bisa membawa 1.300 lebih motor. Satu hari delapan gerbong, tujuan tiga daerah di mana masing-masing gerbong bisa sampai 56-58 motor," tutur dia.


Sejauh ini, total masyarakat yang sudah mendaftarkan motornya sebanyak 5.920 unit. Rinciannya, sebanyak 456 motor akan melewati linatasan utara, 2.744 motor ke lintas selatan 1, dan 2.720 motor ke lintas selatan 2.

Zulmafendi mengingatkan kepada pemilik motor untuk tak lupa mengosongkan bensin dan mengambil barang-barang berharga yang berada di bagasi motor. Selain itu, pihak Kemenhub juga tak menerima penitipan helm pada masing-masing motor tersebut.

[Gambas:Video CNN]


(aud/bir)