Sandiaga Janji Turunkan 2 Juta Pengangguran di Usia Muda

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 23:44 WIB
Sandiaga Janji Turunkan 2 Juta Pengangguran di Usia Muda Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno berjanji akan menurunkan 2 juta pengangguran di usia muda bila nanti terpilih dalam Pemilihan Presiden 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno dalam debat ketiga Pemilihan Presiden 2019 berjanji menurunkan angka pengangguran pada usai muda atau minimal 2 juta dari posisi sekarang. Menurutnya, total anak muda yang menjadi pengangguran sebanyak 61 persen dari total pengangguran.

Melihat data pengangguran yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang sebanyak 7 juta per Agustus 2018, ini artinya anak muda yang menganggur sebanyak 4,27 juta orang.

"Kami akan menciptakan lapangan kerja baru dan kami juga akan mengurangi pengangguran usia muda sebanyak 2 juta," ucap Sandiaga, Minggu (17/3).


Penciptaan lapangan kerja itu dilakukan melalui program Oke Oce yang diusung Sandiaga sejak masih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan tahun lalu.


Program itu memberikan edukasi, pendampingan, sampai akses kemudahan dalam menjalani Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ia menilai UMKM adalah solusi yang terbaik dalam menciptakan lapangan kerja di Indonesia. Sayang, sebanyak 55 juta UMKM dinilai belum mendapatkan keberpihakan dari pemerintah karena belum ada kebijakan yang memudahkan pengembangan industri tersebut.

"UMKM adalah solusi industri berbasis pengolahan, jika berpihak pada UMKM 97 persen dan 60 persen dari produk domestik bruto (PDB) disumbangkan oleh UMKM," jelas Sandiaga.

[Gambas:Video CNN]
(aud/agt)