BKPM Dorong Transaksi Dagang dengan China Pakai Renminbi

CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 07:52 WIB
BKPM Dorong Transaksi Dagang dengan China Pakai Renminbi Ilustrasi. (REUTERS/Stringer).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mendorong penggunaan mata uang China, renminbi dan mata uang Indonesia, rupiah dalam bertransaksi dagang. Dorongan diberikan untuk menurunkan ketergantungan terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Tidak masuk akal jika perdagangan maupun investasi antara China dan Indonesia justru menggantungkan kepada dolar AS. Minimal, kita harus menggunakan lebih banyak Euro maupun Yen Jepang. Ini bukan permasalahan sederhana, sehingga pemerintah harus mendorong lebih banyak pembelian renminbi," kata Thomas di Jakarta, Selasa (19/3).

Ia mengatakan Presiden Joko Widodo juga telah mengingatkan penggunaan renminbi dan mata uang lokal terutama untuk pembiayaan proyek dalam The Belt and Road Initiative atau Jalur Sutra yang digagas oleh Presiden China Xi Jinping. Peringatan diberikan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) The Belt and Road Initiative pertama.


Thom bilang saat ini China dan Indonesia telah bertransaksi dengan menggunakan rupiah maupun renminbi. Penggunaan mata uang tersebut telah mencapai 5-10 persen dari total transaksi.


"Sudah dua tahun yang lalu Presiden Jokowi menyoroti risiko besar terhadap ekonomi global atas ketergantungan berlebih pada dolar AS," ujarnya.

Tahun lalu, Indonesia dan China telah memperbarui perjanjian pertukaran (swap) bilateral dalam mata uang lokal (Bilateral Currency Swap Arrangement/BCSA) melalui bank sentral masing-masing negara. Pembaruan itu terkait dengan perpanjangan dan pertambahan nilai dari perjanjian.

Bank Indonesia dan People's Bank of China (PBC) Yi Gang menyepakati pertambahan nilai BCSA dari 100 miliar yuan (setara US$15 miliar) menjadi 200 miliar yuan (setara US$30 miliar). Perjanjian berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan bersama.

Pada perdagangan spot sore ini, nilai tukar rupiah terhadap renminbi China berada di posisi Rp2.117,13 per yuan. Posisi ini naik 0,07 persen dari pembukaan Rp2.118,57 per yuan.

[Gambas:Video CNN] (ulf/agt)