IHSG Diprediksi Hijau Jelang Pengumuman Bunga Acuan BI

CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 07:00 WIB
IHSG Diprediksi Hijau Jelang Pengumuman Bunga Acuan BI Ilustrasi IHSG. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramalkan kembali mengarah ke zona hijau pada Rabu (20/3). Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) mengenai suku bunga acuan diproyeksi menjadi motor penggerak indeks saham.

Mengutip kalender BI, RDG bakal dilakukan selama dua hari dan dimulai hari ini. Dengan begitu, bank sentral baru akan mengumumkan mengenai kebijakan suku bunga acuannya esok hari, Kamis (21/3).

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya berpendapat BI akan menahan suku bunga acuannya di level 6 persen. Makanya, pelaku pasar diyakini akan merespons positif sentimen tersebut.


"Pola gerak IHSG akan bergerak dalam rentang konsolidasi wajar dengan potensi naik yang cukup besar," ungkap William melalui risetnya.

Karenanya, ia optimistis indeks bisa kembali ke area 6.500 seperti pada awal perdagangan awal pekan ini. IHSG diproyeksi bergerak dalam rentang support 6.402 dan resistance 6.585.

Di sisi lain, Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah menyebut kini IHSG sedang berada dalam tren pelemahan. Pasalnya, indeks masih saja bergerak dalam area jenuh beli (overbought).


"Sehingga diperkirakan IHSG bergerak melanjutkan pelemahan dengan support resistance 6.440-6.500," ungkap Lanjar dalam risetnya.

RTI Infokom mencatat kemarin IHSG melemah 0,44 persen atau 29,17 poin ke level 6.480. Mayoritas atau sebanyak 212 saham terkoreksi, lalu 188 saham menguat, dan sisanya 140 lainnya bergerak stagnan.

Hal ini sejalan dengan bursa saham Wall Street yang mayoritas juga merah tadi malam. Dow Jones dan S&P500 sama-sama melemah 0,1 persen dan 0,01 persen, sedangkan Nasdaq Composite berhasil menguat meski tipis sebesar 0,12 persen.

[Gambas:Video CNN]


(aud/bir)