Qatar Bakal Rilis Bank Energi Terbesar di Dunia

CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 09:28 WIB
Qatar Bakal Rilis Bank Energi Terbesar di Dunia Qatar akan meluncurkan bank energi terbesar di dunia. Bank ini mendapat suntikan modal awal US$10 miliar dan ditargetkan beroperasi pada kuartal keempat ini. (REUTERS/Sergei Karpukhin).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Qatar akan meluncurkan bank energi terbesar di dunia. Untuk menjalankan operasionalnya, bank tersebut mendapatkan suntikan modal awal sebesar US$10 miliar pada tahun ini.

Mengutip Antara, Rabu (20/3), bank energi dibentuk mengingat sektor ini berkembang pesat di Qatar. Apalagi, Qatar sendiri berencana untuk memperluas kapasitas produksi tahunan gas alam cairnya menjadi 110 juta ton pada 2024 mendatang.


Mohamed al-Marri, Ketua Komite Media mengatakan operasional bank energi itu akan dimulai pada kuaral keempat nanti.

"Bank ini akan menjadi bank Islam pemberi pinjaman terbesar yang fokus pada energi di dunia. Bank ini juga akan menargetkan sektor swasta dan proyek-proyek energi pemerintah di dalam dan luar negeri," imbuh al-Marri.


Ia merinci proyek-proyek energi yang diincarnya, antara lain pembiayaan terkait minyak, gas, dan proyek energi terbarukan.

[Gambas:Video CNN]


(Antara/bir)