Konstruksi Fisik Tol Manado Bitung Seksi IIA Capai 80 Persen

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 05:50 WIB
Konstruksi Fisik Tol Manado Bitung Seksi IIA Capai 80 Persen Ilustrasi pembangunan tol. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Jasamarga Manado-Bitung menyatakan pembangunan fisik Tol Manado-Bitung Seksi IIA yang memiliki panjang 11,5 kilometer sudah mencapai 80,21 persen. Sementara itu, proses pengadaan lahan untuk seksi tersebut sudah mencapai 99,61 persen. 

Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung George Manurung mengatakan dengan perkembangan tersebut , pembebasan lahan Seksi IIA diperkirakan akan selesai April mendatang.

Sembari menyelesaikan pembangunan tol seksi IIA, pihaknya juga tengah melaksanakan pengerjaan fisik Seksi IIB.


Cuman, untuk Seksi IIB pengerjaan mendapatkan kendala. "Kendala pembangunan fisik di Seksi IIB adalah lahan yang dibebaskan masih spot-spot, belum keseluruhan," katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis (21/3).


Karena kendala tersebut, lahan yang berhasil dibebaskan untuk seksi IIB baru mencapai 83,24 persen. Ia mengatakan meskipun masih menghadapi kendala, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan pembangunan Seksi IIB. 

Saat ini, pihaknya tengah membersihkan lahan untuk pembangunan tol sambil menunggu bidang lahan yang sementara masih dibebaskan.

"Progres fisik di seksi IIB sangat bergantung dari proses pembebasan lahan, kami berharap secepatnya itu bisa dituntaskan untuk mengejar target penyelesaian ruas tol seksi II yang ditangani badan usaha jalan tol," katanya.

(Antara/agt)