Luhut Dorong Penciptaan Lapangan Kerja bagi Pemuda

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 13:03 WIB
Luhut Dorong Penciptaan Lapangan Kerja bagi Pemuda Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mendorong investasi industri agar lapangan kerja bagi generasi muda di Indonesia bisa tercipta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mendorong investasi industri agar lapangan kerja bagi generasi muda di Indonesia bisa tercipta.

Dorongan ia sampaikan saat rapat pertama Komite Pengarah Bersama untuk Pembangunan Koridor Ekonomi Komprehensif Regional Kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah China, Kamis (21/3) kemarin.

Dorongan ia berikan terkait rencana eksekusi proyek yang sudah disepakati Indonesia dan China. Proyek yang sudah disepakati itu antara lain pengembangan Kawasan Ekonomi Sei Mankei, Bandara Kualanamu, energi bersih di Sungai Kayan, Kalimantan Utara, KEK Bitung dan Pulau Kura- kura di Bali.


Selain itu, ada pula proyek-proyek kerja sama lain Indonesia-China seperti Pembangkit Listrik Ukuran Menengah di beberapa lokasi di Jawa, Minemouth di Kalimantan Tengah, Zona Ekonomi Khusus Indonesia-China di Jonggol, Jawa Barat, Kawasan Industri Terintergrasi di Ketapang, Penanaman kembali kelapa sawit guna kurangi kemiskinan, dan Kawasan Industrial Terintegrasi Meikarta Indonesia-China.


"Dalam upaya menyejahterakan rakyat Indonesia ini, kami yakin bahwa penyediaan lapangan pekerjaan dan pendidikan adalah dua hal mendasar yang harus kami lakukan. Sehingga kami sangat mendorong investasi yang bersifat pembangunan industri dalam skala besar, mengingat kami harus menyediakan lapangan pekerjaan bagi puluhan juta generasi muda Indonesia," kata Luhut dalam pernyataan yang dikeluarkan Kamis (21/3) kemarin.

Luhut yakin keinginan pemerintah Indonesia agar investasi industri bisa membuka banyak lapangan kerja. Keyakinan salah satunya ia contohkan dalam investasi contoh di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Sulawesi. Kegiatan industri ini telah menyediakan lapangan pekerjaan hingga mendekati 40.000 orang, dan akan menjadi 100.000 orang dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Di samping itu kata Luhut, industri di Morowali tersebut juga telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik di daerah mau pun secara nasional.

"Pengalaman IMIP di Morowali adalah sebuah contoh yang ingin kami replikasi di berbagai tempat di Indonesia, di mana entitas bisnis bekerja sama dengan entitas bisnis (B to B) dan pemerintah hanya memfasilitasi dan mengkoordinasikan kebijakan-kebijakan yang diperlukan," katanya.


Luhut mengatakan selain kerja sama yang sudah disepakati tersebut, ia menerima laporan bahwa sekarang ada entitas bisnis Tiongkok, antara lain Ningbo Port dan Power China, dengan didampingi oleh NDRC dan MOFCOM Provinsi Zhejiang yang menjajaki investasi di Indonesia.

Ia juga telah mendengar bahwa pihak China sudah menyiapkan rancangan Framework Agreement untuk bekerjasama di Kuala Tanjung, untuk tahap pertama.

"Harapan kami, pihak Tiongkok dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan dengan tahap-tahap berikutnya," kata Luhut.

[Gambas:Video CNN] (agt/lav)