SMF Terbitkan Obligasi Rp2,51 Triliun

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 13:38 WIB
SMF Terbitkan Obligasi Rp2,51 Triliun Ilustrasi uang. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menerbitkan surat utang (obligasi) Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) IV tahap VIII Tahun 2019 sebesar Rp2,51 triliun. Penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari PUB IV dengan target dana sebesar Rp12 triliun.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan penerbitan obligasi SMF kali ini mengalami kelebihan permintaan (oversubscribe) hingga Rp3 triliun.

"Namun kami sesuaikan dengan kebutuhan dana kami saat ini yaitu sebesar Rp2,5 triliun," kata Ananta lewat keterangan tertulis, dikutip Senin (25/3).



Ia melanjutkan dana yang diperoleh dari obligasi ini akan digunakan untuk memberikan pinjaman kepada penyaluran dan pendanaan ulang KPR (KPR refinancing). Selama ini, SMF memiliki peran Special Mission Vehicle (SMV) atau penyedia likuiditas jangka menengah dan panjang bagi KPR.

"Penerbitan obligasi SMF ini bertujuan untuk mendukung Program Satu Juta Rumah, melalui penyaluran pinjaman (refinancing atas KPR)," ucapnya.

Obligasi ini telah mendapatkan rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Kali ini, SMF menawarkan dua seri obligasi. Rinciannya, Seri A dengan jumlah pokok sebesar Rp522 miliar dan tingkat bunga tetap sebesar 7,75 persen dengan jangka waktu 370 hari sejak tanggal emisi. Lalu, obligasi Seri B dengan jumlah pokok sebesar Rp1,98 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,45 persen berjangka waktu 3 tahun.

Sebelumnya, perseroan juga telah menerbitkan PUB IV Tahap VII dengan total dana sebesar Rp1,85 triliun. Dengan demikian, total dana yang dihimpun melalui PUB IV sebesar Rp11,91 triliun.  

Ananta menambahkan SMF akan memproses pengajuan Obligasi PUB V dan Sukuk PUB I. Targetnya, lanjutnya, perseroan bisa menghimpun dana Rp21 triliun.

"Kami targetkan dapat memperoleh pernyataan efektif dari OJK pada akhir kuartal II 2019," katanya.

Sebagai informasi, sejak tahun 2009 hingga saat ini SMF telah melakukan penerbitan surat utang sebanyak 36 kali dengan total Rp29,6 triliun. (ulf/agi)