Lintas Cawang-Cibubur Tersambung, Progres LRT Capai 60 Persen

CNN Indonesia | Jumat, 29/03/2019 12:18 WIB
Lintas Cawang-Cibubur Tersambung, Progres LRT Capai 60 Persen Proyek LRT Jabodebek.(CNN Indonesia/Adhi)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Adhi Karya (Persero) Tbk menyebut progres pengerjaan LRT Jabodebek hingga saat ini telah mencapai sekitar 60 persen. Struktur proyek lintasan Cawang-Cibubur juga telah tersambung sepanjang 14,89 km.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto menjelaskan pihaknya telah merampungkan pembangunan jembatan 2 longspan (bentang panjang) di lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur yaitu longspan JORR, longspan Cililitan, serta longspan di lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas yaitu longspan Cikoko.

Longspan JORR, menurut dia, melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh, dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Longspan ini memiliki panjang 54-90-54 meter yang merupakan longspan u-box girder terpanjang di dunia.


"Untuk longspan Cililitan, melintas di atas Jalan Tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder," ujar Budi dalam keterangan resmi, Jumat (29/3).

Sementara Longspan Cikoko yang merupakan bagian dari Lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat dengan panjang 54-90-54 meter dan struktur box girder.


Ia pun merinci saat ini progres untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur sudah mencapai sekitar 80 persen, lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 48 persen, dan lintas pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 54 persen.

"Pekerjaan pada lintas pelayanan 1, direncanakan selesai paling awal dan akan menjadi sarana uji coba trainset dari kereta LRT Jabodebek dengan target kedatangan pada akhir 2019," jelas dia.


(aud/agi)