AP II Mulai Bangun Terminal IV Bandara Soekarno-Hatta 2021

CNN Indonesia | Sabtu, 06/04/2019 14:08 WIB
AP II Mulai Bangun Terminal IV Bandara Soekarno-Hatta 2021 Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Angkasa Pura II menyatakan akan berusaha untuk memulai proses konstruksi proyek Terminal IV Bandara Soekarno-Hatta pada awal 2021 mendatang. Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya saat ini sudah menyiapkan lahan seluas 120 hektare untuk pembangunan proyek tersebut.

Selain itu, pihaknya juga akan segera menggelar tender desain proyek Terminal IV. Tender rencananya digelar bulan depan.

Setidaknya, ada tiga desain yang akan dilelang, konseptual, basic dan detail engineering design (DED). "Jadi butuh waktu yang cukup lama, kurang lebih hampir setahun untuk tuntaskan tiga desain tadi," katanya, Jumat (5/4).


Ia mengatakan setelah lelang selesai, pihaknya akan melanjutkan proses pembangunan ke tahap persiapan lahan dan konstruksi.


Awaluddin memperkirakan proyek akan menelan dana Rp11 triliun. Kemungkinan besar skema pendanaan yang akan digunakan dalam pembangunan proyek tersebut adalah kombinasi antara sumber kas internal dan pinjaman.

"Kami belum ada rencana untuk strategic partnership Terminal IV, tetapi lihat nanti dinamikanya juga masih berkembang. Kalau memungkinkan ada peluang, misalnya strategic partnership atau investasi di terminal kenapa tidak," tuturnya.

Ia berharap keberadaan terminal tersebut nantinya bisa meningkatkan kapasitas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sampai dengan 45 juta per tahun. Kapasitas tersebut lebih besar dibanding Terminal III yang hanya 25 juta penumpang. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan pembangunan Terminal IV bisa selesai pada 2024.

[Gambas:Video CNN]





(ulf/agt)