Kenaikan Cadangan Devisa akan Jadi 'Obat Kuat' IHSG

CNN Indonesia | Selasa, 09/04/2019 06:19 WIB
Kenaikan Cadangan Devisa akan Jadi 'Obat Kuat' IHSG Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (9/4) ini diperkirakan akan menguat. Kenaikan cadangan devisa (cadev) Indonesia per Maret 2019 diproyeksikan menjadi angin segar untuk pasar saham Indonesia pada perdagangan hari ini.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan pelaku pasar akan kembali meramaikan perdagangan dengan melakukan transaksi beli saham. Mereka kembali optimistis dengan pergerakan IHSG.

"Data cadangan devisa Indonesia yang cukup baik juga diperkirakan akan mendorong optimisme pasar sehingga IHSG menguat," ungkap Dennies seperti dikutip dari risetnya, Selasa (9/4).


Bank Indonesia (BI) mengumumkan cadev Indonesia bulan lalu mencapai US$124,5 miliar. Cadangan tersebut naik dibanding posisi Februari 2019 yang hanya US$123,3 miliar.


Selain dari sentimen kenaikan cadangan devisa, Dennies mengatakan indeks juga akan tertopang pergerakan IHSG yang terlihat masuk ke area jenuh jual (oversold) karena terus melemah sejak akhir pekan lalu. Biasanya, potensi IHSG untuk menguat semakin besar bila sudah berada di posisi oversold.

"Ada potensi mengalami kebangkitan dalam jangka pendek," imbuh dia.

Dennies memprediksi pergerakan IHSG agak lebar hari ini. Ia meramalkan indeks berada dalam rentang support 6.339-6.382 dan resistance 6.476-6.527.

Senada, Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah mengatakan peluang IHSG bergeser dari zona merah terbuka lebar. Hanya saja, ia memprediksi penguatan indeks bersifat terbatas atau tak signifikan.

[Gambas:Video CNN]

"Kami prediksikan IHSG bergerak mencoba menguat terbatas dengan support resistance 6.400-6.464," papar Lanjar dalam risetnya.

Sekadar informasi, IHSG kemarin masih berlabuh di teritori negatif dengan koreksi tipis 0,74 persen atau 48,28 poin ke level 6.425. Padahal, pelaku pasar asing kembali mencatatkan beli bersih (net buy) di all market sebesar Rp842,29 miliar.

Sementara, pergerakan bursa saham Wall Street tampak lebih positif tadi malam. S&P500 terpantau naik 0,1 persen, Nasdaq Composite 0,19 persen, dan NYSE Composite 0,12 persen. (aud/agt)