Menteri Rini Jelaskan Alasan Pengunduran Perayaan HUT BUMN

CNN Indonesia | Selasa, 09/04/2019 14:23 WIB
Menteri Rini Jelaskan Alasan Pengunduran Perayaan HUT BUMN Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan pengunduran waktu perayaan ulang tahun BUMN yang mengerahkan 150 ribu karyawannya dilakukan karena bersamaan dengan kampanye Jokowi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Karawang, CNN Indonesia -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menjelaskan alasan pengunduran pelaksanaan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BUMN ke-21 yang rencananya digelar Sabtu (13/4) mendatang. Ia mengatakan pengunduran dilakukan dengan mempertimbangkan kegiatan kampanye terbuka Calon Presiden Jokowi.

Rini mengatakan sedianya perayaan HUT BUMN akan diselenggarakan pada hari tersebut. Jadwal tersebut sudah diatur lama. 

Tapi ternyata pada saat bersama ada kampanye terbuka Jokowi. "Tadinya saya bilang, sudah lah kami punya tempat, jalan saja. Tapi ternyata kelihatannya sulit karena mereka (kampanye) besar sekali acaranya, jadi kami putuskan mundur 20 April," katanya di Bekasi, Selasa (9/4).


Kementerian BUMN berencana mengerahkan 150 ribu karyawan perusahaan pelat merah di Monas Sabtu (13/4) mendatang. Dalam surat tertanggal 5 April yang ditandatangani oleh Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro tersebut, pengerahan karyawan dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian BUMN ke-21.


Selain dari surat tersebut, informasi pengerahan karyawan BUMN juga berasal dari surat PT Jasa Marga (Persero) dan Bank Tabungan Negara.  

Untuk Jasa Marga, dalam surat tertanggal 5 April yang ditandatangani oleh Corporate Secretary M. Agus Setiawan, BUMN konstruksi tersebut diminta untuk menghadirkan 1.500 karyawan beserta keluarganya untuk mengikuti HUT Kementerian BUMN ke-21 di Monas.

Sementara itu, untuk Bank Tabungan Negara, mereka diminta untuk menghadirkan 5.000 karyawan di acara tersebut.


Rayakan Untung Rp200 Triliun

Rini mengatakan perayaan ulang tahun besar-besaran dilakukan agar pesta tersebut dirasakan oleh seluruh karyawan BUMN. Selain itu, perayaan juga dilakukan karena untung BUMN pada 2018 kemarin berhasil mencapai Rp200 triliun, naik Rp20 triliun dibanding 2017 yang hanya Rp180 triliun.

"Jadi tidak fair dong, sudah kerja keras semua orang, kami tidak boleh senang-senang," katanya. 

Rini membantah perayaan ulang tahun dilakukan sebagai bagian untuk mengkampanyekan Jokowi. "Apapun ini, ini bukan kampanye terselubung," katanya.

Cuma, Rini memang menekankan sejumlah capaian yang berhasil diraih BUMN sekarang ini tidak terlepas dari kepemimpinan Jokowi. 

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, perayaan HUT BUMN tersebut dituduh oleh mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu. Said curiga perayaan ulang tahun besar-besaran tersebut dilakukan sebagai upaya kampanye terselubung untuk mendukung Jokowi.

Kecurigaan tersebut salah satunya ia dasarkan pada skala pelaksanaan perayaan yang besar-besaran. 




(sfr/agt)