Bank Terbesar Ketiga di Perancis Bakal Pangkas 1.600 Pekerja

CNN Indonesia | Selasa, 09/04/2019 15:31 WIB
Bank Terbesar Ketiga di Perancis Bakal Pangkas 1.600 Pekerja Societe Generale (SocGen), bank terbesar ketiga di Perancis mengumumkan rencana memangkas 1.600 pekerjanya untuk memperbaiki kinerja keuangannya. (REUTERS/Charles Platiau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Societe Generale (SocGen), bank terbesar ketiga di Perancis mengumumkan rencana untuk memangkas 1.600 pekerjanya setelah pada tahun lalu mencatatkan kinerja keuangan yang buruk.

Dikutip dari Reuters, SocGen rencananya akan memangkas sebagian besar pekerja pada cabang perbankan korporat dan investasi. Hal ini dilakukan demi memperbaiki keuntungan perusahaan.


Bank tersebut sebelumnya telah mengumumkan akan memotong biaya operasional dan investasinya sebesar 500 juta euro pada awal Februari setelah kinerja keuangan kuartal keempat bank tersebut terpukul oleh penurunan tajam pasar.


SocGen akan memangkas 750 pekerjanya di Perancis, di mana semua pengurangan pekerja akan dilakukan secara sukarela.


PHK lainnya akan dilakukan di luar negeri, terutama di New York dan London, di mana bank dapat memecat orang.

Pada tahun lalu, Wells Fergo, salah satu bank terbesar di Amerika Serikat juga berencana memangkas sebanyak 26.500 karyawannya. Pemangkasan dilakukan seiring dengan upaya mereka memperbaiki kinerja keuangan yang tengah turun serta makin berkembangnya perbankan online. (Reuters)