Tol Pandaan-Malang Siap Beroperasi Dalam Waktu Dekat

CNN Indonesia | Kamis, 11/04/2019 14:28 WIB
Tol Pandaan-Malang Siap Beroperasi Dalam Waktu Dekat Ilustrasi Proyek Tol Pandaan-Malang. (Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang seksi I-III sepanjang 30 kilometer sudah selesai. Dengan kondisi tersebut, tol itu sudah bisa dioperasikan dalam waktu dekat.

Ia mengatakan saat ini tol tinggal pembersihan. "Mudah-mudahan satu hari ini selesai, besok ada tim penilai sertifikasi laik fungsi, sebelumnya minggu lalu sudah tahap penilaian pra laik fungsi," kata Basuki seperti dikutip dari website Kementerian PUPR, Kamis (11/4).

Ia mengatakan jika besok uji laik fungsi sudah selesai dan dinyatakan siap operasi, maka Kementerian PUPR akan usul ke Presiden Joko Widodo agar jalan tersebut segera diresmikan. "Sekarang akan kita lihat lagi perkembangannya. Ibu Gubernur Jawa Timur tadi mengusulkan untuk bisa diresmikan tanggal 12 April 2019 saat Presiden berada di Malang," ujarnya.


Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari lima seksi, Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 km, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 km. Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh PT. Jasamarga Pandaan-Malang.


Total investasi tol tersebut mencapai Rp 5,9 triliun. Adapun nilai konstruksi sebesar Rp 3,7 triliun dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP).

Basuki berharap keberadaan Jalan Tol Pandaan-Malang bisa menjadi mempercepat arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang yang kebetulan memiliki banyak tempat wisata. Sebagai informasi, selama ini perjalanan dari Surabaya ke Malang pada jam padat, bisa mencapai empat hingga enam jam.

Dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuh dua kota tersebut diharapkan bisa kurang dari satu jam.

[Gambas:Video CNN]
 
(agt/agt)