Survei BI: Kegiatan Dunia Usaha Kuartal I 2019 Meningkat

CNN Indonesia | Kamis, 11/04/2019 14:00 WIB
Survei BI: Kegiatan Dunia Usaha Kuartal I 2019 Meningkat Ilustrasi. ( AP Photo/Mark Lennihan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan kegiatan dunia usaha pada kuartal  I 2019 meningkat. Peningkatan kegiatan dunia usaha tersebut tercermin dari nilai saldo bersih tertimbang (SBT) hasil survei kegiatan dunia usaha BI sepanjang kuartal I 2019 yang mencapai 8,65 persen.

Nilai saldo tersebut, lebih tinggi dibanding kuartal IV 2018 yang hanya 6,19 persen.


BI dalam keterangan resmi  menyatakan peningkatan kegiatan usaha terutama terjadi di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, perikanan, khususnya pada subsektor pertanian tanaman bahan makanan.


Peningkatan terjadi seiring dengan kedatangan periode musim panen. BI menyatakan sejalan dengan peningkatan tersebut, hasil survei mengindikasikan penggunaan kapasitas produksi dan tenaga kerja pada kuartal I 2019 meningkat dibanding triwulan sebelumnya.

Bukan hanya itu saja, hasil survei juga mengungkapkan keyakinan responden bahwa peningkatan kegiatan usaha di Indonesia akan terus berlanjut pada  kuartal II 2019 nanti. Menurut mereka, pada  kuartal II, saldo bersih tertimbang dunia usaha akan meningkat jadi 21,42 persen.

Peningkatan akan dialami oleh sektor usaha di bidang jasa dan industri pengolahan. 

[Gambas:Video CNN] (agt/agt)