Debat Capres, Kepala BKPM Sebut RI Miliki PR Soal Investasi

CNN Indonesia | Sabtu, 13/04/2019 19:32 WIB
Debat Capres, Kepala BKPM Sebut RI Miliki PR Soal Investasi Kepala BKPM Thomas Lembong mengakui pemerintah masih punya banyak PR terkait perbaikan izin investasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas T Lembong menjelang debat terakhir Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mengatakan pembenahan iklim investasi di pemerintahan Presiden Joko Widodo sudah berada pada jalur yang benar.

Meskipun demikian, ia mengakui sampai saat ini pemerintah masih punya banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan agar investasi terus membaik. Salah satu yang perlu dibenahi, berkaitan dengan proses perizinan investasi.

Ia menilai proses perizinan investasi saat ini masih perlu dipercepat. Percepatan menurutnya, perlu dilakukan dengan memperbaiki teknologi pengurusan izin investasi.


"Pekerjaan rumah berkaitan dengan penyederhanaan perizinan, pemantapan dan percepatan bagi investor dan pelaku usaha. Tapi paling penting membuat proses izin menjadi online," katanya di Jakarta, Sabtu (13/4).


Calon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto akhir pekan ini akan menjalani debat terakhir Pilpres 2019. Debat salah satunya mengangkat tema soal investasi.

Thomas mengatakan investasi dan ekonomi memang menjadi topik menarik untuk diperdebatkan. Menurutnya, banyak topik yang bisa diperdebatkan berkaitan tersebut.

Salah satunya berkaitan dengan peran investasi dalam menciptakan lapangan kerja. Thomas mengatakan berkaitan dengan peran tersebut, investasi di Indonesia sampai saat ini berhasil membuka lapangan kerja yang cukup banyak bagi masyarakat Indonesia.

Dalam hitungan BKPM beberapa tahun terakhir investasi berhasil membuka 10 juta lapangan kerja baru.

[Gambas:Video CNN]

(tst/agt)