Prabowo Tuduh Jokowi 'Hancurkan' Petani dengan Impor

CNN Indonesia | Sabtu, 13/04/2019 21:09 WIB
Prabowo Tuduh Jokowi 'Hancurkan' Petani dengan Impor Calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat debat terakhir Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden Prabowo Subianto dalam debat terakhir Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 menuduh Jokowi telah menghancurkan petani dalam negeri. Kehancuran petani tersebut kata Prabowo dilakukan Jokowi dengan membuka keran impor bahan pangan.

Ia mengatakan selama 4,5 tahun pemerintahannya, Jokowi telah membuka keran impor bahan pangan cukup lebar. "Kenapa  tidak fokus ke industri, kenapa malah fokus ke infrastruktur, kenapa 4,5 tahun ini menteri Bapak malah diizinkan untuk memasukkan komoditas asing dari luar dengan pesat," katanya Sabtu (13/4).

Prabowo curiga pembangunan infrastruktur yang dilakukan Jokowi justru dilakukan untuk mempermudah aliran impor bahan pangan yang telah menghancurkan petani tersebut. Namun, tuduhan tersebut ditangkis Jokowi.


Menurutnya, pemerintahannya justru berupaya membangun kesejahteraan petani. Cuma masalahnya, pemerintah dihadapkan pada menjaga keseimbangan antara produksi dari petani, permintaan dan harga. 


Dan menjaga keseimbangan tersebut katanya, keberadaan infrastruktur cukup penting. Atas dasar itulah di era pemerintahannya pembangunan infrastruktur dijadikan fokus.

Jokowi menyebut dampak dari pembangunan infrastruktur yang dilakukannya tidak bisa terwujud dalam sekejap. Menurutnya, pembangunan infrastruktur yang dibangun nantinya juga memperkuat logistik nasional, sebab itu akan tersambung ke kawasan, pertanian, industri dan pariwisata.

"Mengelola ekonomi makro itu berbeda dengan mikro. Mengurusi sektor primer seperti pertanian, pertambangan, dan manufaktur tidak mudah. Ini memerlukan tahapan besar, inilah yang kami kerjakan. Infrastruktur yang dibangun akan terhubung dengan kawasan industri dan pariwisata," jelas dia.

(glh/agt)