Pilpres Damai Jadi Motor Penggerak IHSG

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 08:00 WIB
Pilpres Damai Jadi Motor Penggerak IHSG Ilustrasi IHSG. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan melanjutkan penguatannya pada Kamis (18/4). Sentimen dari pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan presiden (pilpres) masih menjadi pengaruh dominan untuk laju indeks saham.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan pelaku pasar merespons positif pilpres yang berjalan damai pada Rabu (17/4) kemarin. Sejauh ini, pesta demokrasi tersebut menjadi satu-satunya sentimen dari dalam negeri.

"Pemilu Indonesia yang berlangsung aman dan damai diperkirakan mendorong pergerakan," ujarnya dalam risetnya.

Dari eksternal, pertumbuhan ekonomi China pada kuartal I 2019 yang tembus 6,4 persen bakal menambah energi positif hari ini. Realisasi itu, kata Dennies, di atas ekspektasi pasar.


Makanya, ia berharap IHSG bisa kembali melaju di area 6.500. Untuk hari ini saja, indeks diramalkan berada dalam rentang support 6.421-6.451 dan resistance 6.506-6.515.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai fundamental ekonomi Indonesia saat ini masih cukup baik, sehingga dampaknya positif untuk IHSG. Ia memprediksi indeks bergerak dalam rentang support 6.389-6.556.

"Stabilnya fundamental perekonomian kita juga turut menopang laju kenaikan IHSG hingga saat ini," kata William melalui risetnya.


William merekomendasikan sejumlah saham yang bisa dilirik pelaku pasar, antara lain PT Astra International Tbk (ASII), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI).

Sebagai informasi, IHSG ditutup menguat 0,72 persen atau 46,39 poin pada Selasa (16/4). Mayoritas saham atau sebanyak 235 saham bergerak di zona hijau, 162 saham melemah, dan 134 saham bergerak stagnan.

Dari global, bursa saham Wall Street terkoreksi pada perdagangan terakhirnya. Dow Jones terpantau turun 0,01 persen, S&P500 0,23 persen, dan Nasdaq Composite 0,05 persen.


[Gambas:Video CNN] (aud/bir)