Kadin Imbau Pengusaha Pendukung Jokowi dan Prabowo 'Damai'

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 10:49 WIB
Kadin Imbau Pengusaha Pendukung Jokowi dan Prabowo 'Damai' Ketua Kadin Rosan Roeslani. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kamar Dagang Indonesia (Kadin) mengimbau agar pengusaha menjaga iklim politik yang kondusif usai penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden 2019. Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani mengatakan iklim politik yang kondusif akan mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia.

Pengusaha katanya, juga memiliki andil dalam menciptakan iklim yang politik kondusif. 

"Kami mengajak seluruh para pengusaha, kami tidak melihat ini pengusaha pendukung 01 atau pendukung 02 tetapi adalah pengusaha nasional yang punya kepentingan lebih besar untuk menjaga persatuan, kesatuan, dan kebersamaan dalam rangka menjaga terutama pertumbuhan perekonomian yang sudah makin baik ini," kata Rosan di Jakarta, Selasa (23/4).


Di samping itu, ia mengajak pengusaha untuk bersabar menunggu hasil penghitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagaimana yang diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Ia juga berharap hasil pemilihan presiden sekarang ini bisa diterima dengan lapang dada oleh semua pengusaha yang mendukung masing-masing calon presiden (capres) baik 01 maupun 02.

"Kami melihat suasana yang berkembang akhir-akhir ini, kami ingin supaya semua pihak ini bersabar sesuai dengan arahan bapak presiden, kita tunggu hasil resmi dari KPU," tuturnya.

Dewan Kehormatan Kadin Aburizal Bakrie menambahkan sebagai pengusaha senior ia berbangga dengan keikutsertaan pengusaha khususnya anggota Kadin secara positif dalam kancah politik Indonesia. Namun demikian, ia berpesan agar para pengusaha menjaga sikap demokratis dalam setiap langkah politiknya.

"Kalah dan menang soal biasa, yang penting adalah pihak yang menang merangkul yang kalah dan pihak yang kalah memberikan kontribusi positif bagi Indonesia," tuturnya.


Untuk mendinginkan suasana usai Pilpres dan Pileg 2019, maka Kadin menyelenggarakan rekonsiliasi antara pengusaha yang tergabung Kadin baik pendukung kubu 01 dan 02. Pertemuan ini mengangkat tema 'Merajut Kebersamaan untuk Indonesia Damai'.

Hadir dalam pertemuan ini pengusaha sekaligus Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia, hingga pengusaha yang menjadi anggota Tim Relawan Prabowo-Sandiaga, Erwin Aksa.

Indonesia baru saja menggelar Pilpres dan Pileg 2019 pada 17 April 2019 lalu. Hasil hitungan real count KPU sementara menunjukkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul sementara dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berdasarkan hasil hitung suara Pilpres per Selasa (23/4) pada pukul 07.00 WIB, Jokowi-Ma'ruf meraih suara 54,89 persen, sementara Prabowo-Sandi mendapat 45,11 persen.

[Gambas:Video CNN] (ulf/agt)