JK Minta China Segera Tingkatkan Impor Sawit dari Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 25/04/2019 19:06 WIB
JK Minta China Segera Tingkatkan Impor Sawit dari Indonesia Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta China segera mewujudkan rencana mereka meningkatkan impor sawit asal Indonesia. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Wakil Presiden China Wang Qishan di Beijing, Kamis (25/04). Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas peningkatan kerja sama di bidang perdagangan, investasi, hingga riset dan ilmu pengetahuan.

"Hari ini kami telah menyepakati dua protokol, yaitu mengenai impor buah tropis. Saya harapkan protokol impor tersebut akan dapat segera ditindaklanjuti," ujar JK dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Kamis (25/4).

Selain kesepakatan tersebut, JK dalam pertemuan tersebut juga mengingatkan China soal janji mereka untuk meningkatkan impor sawit dari Indonesia yang pernah disampaikan pada pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Belt and Road Forum I. JK menyebut Indonesia termasuk produsen sawit terbesar di dunia.


"Sebagai produsen sawit terbesar di dunia, Indonesia sangat berharap komitmen untuk meningkatkan impor sawit Indonesia dapat segera terwujud," katanya.


Dalam bidang investasi, lanjut JK, pihaknya mendorong peningkatan hubungan business to business (B-to-B) untuk pengembangan kerja sama. JK juga berencana bertemu dengan sejumlah pebisnis China.

Di bidang riset dan ilmu pengetahuan, JK menyambut baik kerja sama ITB dengan Universitas Tsinghua, China. JK berharap kerja sama itu dapat ditingkatkan di bidang pendidikan vokasi.

Sementara Wang Qishan menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran JK dalam forum internasional tersebut. Ia sendiri mengaku pernah berkunjung ke Jakarta saat masih menjadi wali kota Beijing.

"Saya ucapkan selamat datang ke forum ini dengan membawa delegasi yang sangat besar dan tingkat tinggi, ini menunjukkan hubungan dan persahabatan antara kedua negara kita sangat baik," ucapnya.

JK diketahui mewakili Indonesia dalam KTT One Belt One Road Forum di Beijing yang digelar sejak Rabu (24/4). Ia dijadwalkan akan kembali ke Jakarta pada 28 April mendatang.

Dalam kunjungan tersebut, sejumlah menteri ikut mendampingi yakni, Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, serta sejumlah pejabat wakil presiden.

[Gambas:Video CNN] (pris/agt)