Jokowi Minta Harga Pangan Ramadan Tahun Ini Lebih Terjaga

CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 11:38 WIB
Jokowi Minta Harga Pangan Ramadan Tahun Ini Lebih Terjaga Presiden Joko Widodo meminta para menteri dan pejabat pemerintahan untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan selama Ramadan dan menjelang Lebaran. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri dan pejabat pemerintahan untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan dan bahan-bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam Rapat Terbatas 'Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1440H/2019 M' di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/5).

"Hal yang berkaitan dengan ketersediaan dan stabilitas harga bahan bahan pokok yang dibutuhkan rakyat, betul-betul harus terus kita jaga," kata Jokowi.


Jokowi menyebut rapat terbatas ini selalu dilakukan setiap tahun menjelang bulan puasa dan Lebaran. Kali ini, Jokowi meminta persiapan yang dilakukan para pembantu presiden lebih rinci dan semakin baik, terutama yang berkaitan dengan manajemen lapangan.


"Manajemen lapangan harus lebih terpadu, lebih terkoordinasi dari pusat maupun di daerah," ujarnya.

Selain soal ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, Jokowi juga meminta kesiapan infrastruktur dan moda transportasi untuk mudik lebaran. Ia menyebut ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) pun perlu disiapkan di sepanjang jalur mudik.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan saat Jalan Tol Trans Jawa sudah tersambung dari Merak, Banten sampai Probolinggo, Jawa Timur. Keberadaan jalan tol lintas Pulau Jawa itu dinilai akan sangat membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman.


Tak hanya di Jawa, kata Jokowi, Jalan Tol Trans Sumatera mulai dari Pelabuhan Bakauheni sampai Palembang, Sumatera Selatan juga telah tersambung di beberapa ruas. Menurut dia, keberadaan tol baru itu akan memperlancar arus mudik di Pulau Sumatera.

"Sehingga ini juga akan memperlancar arus mudik antar wilayah di Kepulauan Sumatra," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah sudah mengantisipasi agar pasokan barang kebutuhan pokok dan harganya bisa terjaga. Salah satunya, dengan lebih dulu mengamankan harga komoditas bawang putih di pasar.

[Gambas:Video CNN]

Harga bawang putih menjadi perhatian karena dalam beberapa waktu terakhir dijual di kisaran Rp40-50 ribu per kilogram (kg). Padahal, menurut hasil rapat koordinasi di bawah pimpinan Darmin, pemerintah ingin harga komoditas itu hanya sekitar Rp25 ribu per kg. (fra/lav)