Bandara Baru Yogyakarta Layani Rute Singapura dan Malaysia

CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 17:59 WIB
Bandara Baru Yogyakarta Layani Rute Singapura dan Malaysia Bandara Baru Yogyakarta (NYIA) bakal resmi beroperasi mulai Senin (6/5). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Angkasa Pura I (AP I) menyatakan bandara baru Yogyakarta, New Yogyakarta International Airport atau NYIA akan menyediakan rute internasional ke Singapura dan Malaysia. Dua maskapai yang akan melayani adalah Air Asia dan Silk Air.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji mengatakan masih ada beberapa maskapai internasional yang mendaftarkan untuk bisa melayani penerbangan dari dan ke NYIA. Hanya saja, ia masih enggan menyebut detail identitas maskapai itu.

"Banyak yang tertarik apalagi lihat daerahnya. Kalau mereka siap dengan promosi baru kami diskusi," tutur Devy, Jumat (5/3).



Implementasi dua rute internasional itu akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, pihaknya masih menunggu kesiapan slot dari bandara di luar negeri.

"Teman-teman dari maskapai membutuhkan delapan minggu untuk membutuhkan slot dari negara sana," ujar dia.

Sementara, ada rute domestik yang sudah siap diimplementasikan pada hari pertama pengoperasian bandara tersebut pada Senin (6/5). Beberapa rute itu, yakni Denpasar, Palangkaraya, Samarinda, dan Jakarta.


Empat rute itu akan dilayani oleh maskapai Batik Air. Namun, bandara belum bisa menyediakan penerbangan untuk rute tersebut setiap hari.

"Tapi ini masih nego terus," imbuhnya.

Selain itu juga ada Citilink yang akan melayani rute YIA menuju Bandara Halim Perdanakusuma. Devy menyebut Citilink mempunya komitmen penerbangan satu kali per hari.

"Dia satu kali peenerbngan dulu. Kami berharap akan naik," pungkas Devy. (aud/agi)