Batik Air Mulai Terbang ke Bandara Baru Yogyakarta 10 Mei

CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 07:48 WIB
Batik Air Mulai Terbang ke Bandara Baru Yogyakarta 10 Mei Ilustrasi Bandara Baru Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Yogyakarta, CNN Indonesia -- Batik Air akan mulai melayani penerbangan dari dan ke Bandara Baru Yogyakarta, New Yogyakarta International Airport atau NYIA pada Jumat (10/5) mendatang. Maskapai itu akan menawarkan empat rute, yakni Denpasar, Palangkaraya, Samarinda, dan Jakarta.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji mengatakan saat ini pihaknya dan Batik Air masih terus negosiasi terkait slot pesawat. Pasalnya, pihak bandara di Yogyakarta juga harus berkoordinasi dengan bandara di tempat tujuan.

"Terutama untuk masuk Cengkareng dan Denpasar karena dua bandara itu cukup padat," ucap Devy di Yogyakarta, Senin (6/5).


New Yogyakarta International Airport sudah mulai melayani penerbangan komersial mulai Senin (6/5) ini. Namun, baru Citilink Indonesia yang melayani penumpang dengan rute Bandara Halim Perdanakusuma-Bandara Internarional Yogyakarta.


"Frekuensi masih satu kali, dari Halim ke sini (Yogyakarta) lalu dari Yogyakarta ke Halim," ucap dia.

Penerbangan perdana secara komersial ini dilakukan pukul 11.20 WIB dan mendarat pukul 12.15 WIB. Jumlah penumpang yang ikut pada penerbangan pertama ini sebanyak 96 orang.

"Awalnya 93 orang yang tercatat, berarti tiga orangnya baru tadi pagi," imbuh Devy.

Setelah itu, rute Bandara International Yogyakarta-Bandara Halim Perdana Kusuma dilakukan pada pukul 13.10 dan dijadwalkan tiba pukul 14.15 WIB. Citilink Indonesia menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas penumpang 180 orang.

[Gambas:Video CNN]

Devy berharap frekuensi penerbangan Citilink Indonesia bisa bertambah secara bertahap. Namun, ia belum bisa memastikan kapan tepatnya maskapai itu memperbanyak jumlah penerbangan.

"(Dalam jangka pendek) masih satu kali pulang dan pergi," pungkas Devy. (aud/agt)