Hitungan Biaya Transportasi Mudik di Tengah Pesawat Mahal

CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 15:58 WIB
Di tengah mahalnya harga tiket pesawat, kereta api, bus, kendaraan pribadi, hingga kapal laut masih dapat menjadi alternatif transportasi mudik Lebaran. Harga tiket pesawat. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Mudik menjadi tradisi yang tak bisa dihilangkan di Indonesia saat Lebaran.  Dari jauh-jauh hari sebelum Ramadan tiba, sejumlah masyarakat bahkan sudah siap-siap membeli tiket kereta, pesawat, dan berbagai moda transportasi lainnya.

Tak sedikit pula masyarakat yang menggunakan mobil pribadi untuk menikmati hari raya di kampung halaman. Namun, dari semua pilihan yang ada, manakah sebenarnya yang lebih efisien dari segi biaya, terutama di tengah mahalnya harga tiket pesawat?

Arus mudik biasanya dimulai satu minggu sebelum Lebaran tiba. Artinya, bila hari raya ditetapkan pada 5 dan 6 Juni 2019, masyarakat mulai berangkat 29 Mei 2019.


Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com di beberapa online travel agent (OTA), pesawat masih menjadi moda transportasi paling mahal dibandingkan dengan kereta api. Perbedaannya berkisar Rp500 ribu.


Contohnya, dari situs nusatrip.com masyarakat perlu merogoh kocek minimal Rp1,21 juta untuk pergi ke Surabaya dari Bandara Soekarno Hatta menggunakan maskapai Lion Air. Kemudian, Garuda Indonesia menjual harga tiketnya sampai Rp1,75 juta.

Jika ingin lebih murah dan tidak buru-buru, masyarakat bisa memilih kereta api sebagai alternatif yang lebih murah. Biayanya hanya Rp104 ribu paling murah dan Rp440 ribu paling mahal. Namun, tiket kereta api rupayanya sudah ludes hingga 4 Mei 2019.

Jangan sedih, masyarakat kini bisa menempuh perjalanan Jakarta-Surabaya dengan menggunakan mobil pribadi via tol. Dengan waktu tempuh sekitar 10 jam, total tarif tol yang harus dibayar sebesar Rp660.500.

Kemudian, bagi yang ingin mudik ke Solo dan Semarang mungkin lebih murah. Dikutip dari situs Traveloka.com, pesawat paling murah dari Jakarta ke Semarang dipatok Rp919 ribu dengan Citilink Indonesia dan Garuda Indonesia paling mahal Rp1,16 juta.
[Gambas:Video CNN]
Sementara, ongkos pesawat termurah ke Solo sebesar Rp1,02 juta dan paling mahal Rp1,28 juta. Untuk kereta api, tiketnya sudah habis hingga h-1 Lebaran.

Namun, CNNIndonesia.com mencatat biaya yang harus dibayar untuk naik kereta ke Semarang termurah sebesar Rp170 ribu dan termahal Rp300 ribu. Lalu, tiket kereta ke Solo paling mahal dipatok Rp460 ribu dan termurah Rp98 ribu.

Bila masyarakat ingin melewati jalan tol, maka dana yang harus disiapkan untuk ke Semarang setidaknya Rp334.500 dan Solo Rp427 ribu. Tapi ingat, waktu tempuh perjalanan via tol lebih lama, yakni Semarang sekitar 6,5 jam dan Solo kurang dari 10 jam.

Lebih lanjut jika ingin ke Medan dan Padang, masyarakat harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam karena harga tiket pesawat jauh lebih mahal dibandingkan ke Pulau Jawa. Harga untuk dua rute itu tembus sampai Rp2 juta.


Padang misalnya, harga tiket termahal ditawarkan dengan harga Rp2,01 juta oleh maskapai Garuda Indonesia dan termurah bisa menggunakan Lion Air dengan harga Rp1,66 juta. Kemudian, harga tiket paling murah ke Medan sebesar Rp1,93 juta dan termahal Rp2,28 juta.

Bila dirasa cukup menguras kantong, masyarakat bisa memilih transportasi kapal laut dengan memesan tiket di situs resmi Pelni. Namun, CNNIndonesia.com tidak menemukan ketersediaan tiket menuju padang, melainkan hanya Medan.

Pelni menawarkan jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok pada 14 Mei 2019, 19 Mei 2019, dan 25 Mei 2019. Masing-masing perjalanan menempuh waktu sampai 3 hari dengan tarif yang dipatok Rp1,32 juta. (aud/agi)