IMF Sebut Konflik Dagang 'Baru' AS-China Ancam Ekonomi Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 20:26 WIB
IMF Sebut Konflik Dagang 'Baru' AS-China Ancam Ekonomi Dunia Managing Director IMF Christine Lagarde mengatakan ketegangan dagang 'baru' antara AS dengan China bisa ancam ekonomi dunia. (ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan ketegangan dagang 'baru' yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dengan China pekan ini bisa berdampak buruk pada dunia. Ketegangan tersebut kata Managing Director IMF Christine Lagarde bisa mengancam pertumbuhan ekonomi dunia.

"Jelas ini adalah ancaman ekonomi dunia," katanya seperti dikutip dari AFP, Selasa (7/5).

Menteri Ekonomi Prancis Bruno Le Maire sementara itu meminta kepada baik AS maupun China untuk menghindari ketegangan baru yang bisa mengancam pertumbuhan ekonomi dunia. 


Hubungan dagang antara AS dan China kembali memanas. Kondisi tersebut dipicu oleh ancaman Presiden AS Donald Trump Minggu (5/5) lalu yang akan memberlakukan tarif impor baru atas barang asal China.


Tarif yang rencananya diberlakukan mulai Jumat ini tersebut dikenakan karena perundingan damai perang dagang yang dilakukan negaranya dengan China berjalan lamban.

Sementara itu Kepala Perwakilan Dagang AS (USTR) Robert Lighthizer mengatakan ancaman dikeluarkan karena China telah mengingkari kesepakatan yang sudah dicapai dalam perundingan dagang.

Le Maire mengatakan menaikkan tarif dagang bisa memberikan jalan buntuk dan dampak negatif untuk semua orang.

"Untuk AS, untuk China, untuk Zona Eropa dan seluruh dunia," katanya.

[Gambas:Video CNN]








(AFP/agt)