Bank BUMN Dipastikan Ganti Manajemen Pekan Depan

CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 17:56 WIB
Bank BUMN Dipastikan Ganti Manajemen Pekan Depan Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan akan ada penyegaran di dalam pengurus bank-bank BUMN. Pergantian manajemen ini akan dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang bakal digelar pekan depan.

"Iya (pergantian pengurus), empat-empatnya. Biar ada fleksibilitas," kata Deputi Jasa Keuangan, Survei dan Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Kamis (9/5).

Namun demikian, ia tidak merinci pergantian pengurus tersebut terjadi pada level direksi atau komisaris. Ia hanya menegaskan bawah perubahan pengurus bank BUMN tidak terkait dengan rencana pembentukan holding sektor jasa keuangan.


"Mereka sudah siap semua jadi tidak ada efisiensi, mereka bagus," ujarnya.


Terkait holding sektor jasa keuangan, ia menuturkan prosesnya telah sampai di Kementerian Keuangan. Kementerian BUMN tengah menunggu masukan dari Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dan eselon I Kementerian Keuangan.

"Kemarin kami sudah selesai melakukan evaluasi kembali, revisi semunya untuk biar berjalan lancar," jelasnya.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) empat bank BUMN bakal melangsungkan RUPST pada pekan depan secara berturut-turut. Rinciannya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI pada 13 mei 2019, disusul oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 14 Mei 2019.


Selanjutnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI pada 15 Mei 2019 dan PT Bank Tabungan Negara (BTN) pada 16 Mei 2019. Dua bank di antaranya BRI dan BNI telah mencantumkan agenda pergantian pengurus pada agenda rapat.

[Gambas:Video CNN] (ulf/lav)