Menhub Prediksi Penumpang Pesawat Turun 5 Persen saat Mudik

CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 19:39 WIB
Menhub Prediksi Penumpang Pesawat Turun 5 Persen saat Mudik Menteri Perhubungan memperkirakan penumpang pesawat akan menurun 5 persen saat momentum mudik Lebaran 2019, sebagai sebagai dampak kenaikan harga tiket pesawat.(CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan penumpang pesawat akan menurun sekitar 5 persen saat momentum mudik Lebaran 2019. Hal itu sebagai dampak dari kenaikan harga tiket pesawat.

Budi mengaku sudah mengantisipasi penumpang pesawat yang akan beralih menggunakan transportasi darat atau mobil pribadi saat mudik Lebaran 2019.

"Jadi turunnya paling 5 persen. Tapi itu sudah kami antisipasi," katanya, Kamis (9/5).


Budi mengaku salah satu antisipasi mudik dilakukan adalah memanfaatkan Jalan Tol TransJawa, yang sudah tersambung dari Jakarta sampai Surabaya, Jawa Timur.


Menurut dia, Jalan Tol Jakarta-Surabaya membuat kemudahan pemudik tapi sekaligus meningkatkan ekspektasi masyarakat untuk menggunakan jalan tol saat mudik.

"Karenanya kita bicara intensif dengan kepolisian kakorlantas. Bahkan sudah kita sosialisasikan ke Jawa Tengah, Jawa Barat di Bandung," tuturnya.

[Gambas:Video CNN] (fra/lav)