Tertinggi dalam 9 Bulan, Bitcoin Melesat ke Level US$7.000

CNN Indonesia | Senin, 13/05/2019 21:12 WIB
Tertinggi dalam 9 Bulan, Bitcoin Melesat ke Level US$7.000 Ilustrasi bitcoin. (REUTERS/Benoit Tessier).
Jakarta, CNN Indonesia -- Nilai tukar Bitcoin melesat ke level US$7.000 pada perdagangan Senin (13/5) waktu London, mendekati level tertinggi dalam sembilan bulan. Saat itu, reli mata uang kripto (cryptocurrency) 2019 terbilang meningkat cukup kuat.

Hari ini, nilai Bitcoin melonjak 1,1 persen ke level US$7.056 di bursa Bitstamp, setelah naik 14 persen pada perdagangan Sabtu (11/5). Akhir pekan itu merupakan lompatan harian terbesar kedua tahun ini, bahkan ke level tertinggi sejak awal Agustus 2018.

Dikutip dari Antara, analis dan pedagang menilai langkah besar selama akhir pekan tampaknya bukan akibat dari faktor sentimen pemberitaan langsung.


David Thomas, pialang mata uang kripto yang berbasis di London, GlobalBlock, mengatakan tingkat dukungan yang menembus US$6.000 pekan lalu telah memicu minat lebih besar dari kalangan investor.


Pelaku pasar lain mengatakan persepsi ketahanan bitcoin setelah pencurian US$40 juta dari bursa utama Binance pekan lalu justru mendukung sentimen. Sebelumnya, pasar mata uang kripto jatuh setelah pelanggaran keamanan tingkat tinggi.

Harga Bitcoin hampir dua kali lipat tahun ini, menggarisbawahi volatilitasnya setelah terpukul pada 2018. Tahun lalu, Bitcoin kehilangan sekitar tiga perempat nilainya di tengah regulasi di seluruh dunia yang mengetat.

[Gambas:Video CNN] (Antara/lav)