Ekonomi Jepang Tumbuh 0,5 Persen pada Kuartal I 2019

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 11:50 WIB
Ekonomi Jepang Tumbuh 0,5 Persen pada Kuartal I 2019 Ilustrasi bendera Jepang. (Foto: REUTERS/Kimimasa Mayama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertumbuhan ekonomi Jepang berhasil tumbuh 0,5 persen sepanjang kuartal I 2019 kemarin. Pertumbuhan tersebut melampaui kuartal IV 2018 yang hanya 0,4 persen.

Pertumbuhan juga melampaui ekspektasi pasar yang sebelumnya memperkirakan ekonomi Jepang akan bergerak lebih lamban di awal 2019 ini. Meskipun demikian Kepala Ekonom Norinchukin Research Institute Takeshi Minami mengatakan pertumbuhan ekonomi tersebut tidak perlu ditanggapi berlebihan.


Pasalnya, walau ekonomi masih tumbuh bagus, sebaliknya ekonomi Jepang dalam keadaan rapuh. Kondisi tersebut Takeshi, tercermin dari data konsumsi dan investasi perusahaan pada pabrik dan peralatan di Jepang yang justru buruk.


"Angka utama secara tak terduga memang bagus, tapi jika melihat lebih dekat, data itu bukan sesuatu yang harus kita senangi," katanya seperti dikutip dari AFP, Senin (20/5).

Takeshi mengatakan selain mendapatkan bayang-bayang dari data konsumsi dan investasi buruk, ekonomi Jepang yang tumbuh bagus tersebut juga dihantui oleh ketidakpastian ekonomi global yang datang dari perang dagang yang berkecamuk antara Amerika Serikat (AS) dengan China dan Brexit. 

Ketidakpastian tersebut sedikit banyak akan berdampak pada ekonomi Jepang. Pekan lalu, kantor kabinet Jepang bahkan sudah menyatakan ekonomi Negeri Matahari Terbit tersebut akan memburuk untuk pertama kalinya dalam lebih dari enam tahun belakangan ini.

[Gambas:Video CNN]

(AFP/agt)