Trump Yakin Perang Dagang Buat Perusahaan Hengkang dari China

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 12:42 WIB
Trump Yakin Perang Dagang Buat Perusahaan Hengkang dari China Ilustrasi ekspor-impor. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (ASDonald Trump yakin perang tarif yang ia kobarkan terhadap barang impor asal China akan membuahkan hasil.

Menurutnya, tarif impor tinggi yang diberlakukan pemerintahannya akan membuat pabrik dan investor memindahkan pusat produksi mereka dari China ke negara lain di kawasan Asia.

Bukan hanya itu saja, Trump juga yakin kebijakan tarifnya tersebut bakal memberikan pemasukan US$100 miliar lebih ke negaranya. Karena keyakinan itulah, ia akan tetap mempertahankan kebijakan tersebut.


AS awal pekan lalu memberlakukan tarif impor baru sebesar 25 persen pada lebih dari 5.700 produk impor China. Bukan hanya itu saja, AS juga akan memberlakukan tarif pada impor China lainnya yang bernilai US$300 miliar.


Pemberlakuan tarif tersebut dilaksanakan saat AS dan sedang menggelar perundingan perdamaian perang dagang.

Trump menyatakan pengenaan tarif tersebut dilakukan karena pihaknya melihat China tidak memiliki itikad baik dalam menyelesaikan ketegangan dagang dengan negaranya.

Trump yakin cepat atau lambat perang tarif yang dikobarkannya tersebut akan membuat China akan 'bertekuk lutut' pada negaranya. "Karena mereka terbunuh dengan tarif itu, China terbunuh sepenuhnya," kata Trump seperti dikutip dari Reuters, Senin (20/5).

Karena kondisi itulah, Trump percaya diri China akan segera membuat kesepakatan damai dagang dengan AS.

[Gambas:Video CNN] (Reuters/agt)