PUPR Siapkan 75 Rest Area di Ruas Tol Trans Jawa

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 06:08 WIB
PUPR Siapkan 75 Rest Area di Ruas Tol Trans Jawa Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan 75 tempat peristirahatan (rest area) di sepanjang ruas Tol Trans Jawa. Rest area tersebut akan terletak di setiap 20 kilometer (km) jalan tol.

Jika dirinci, sebanyak 32 di antaranya merupakan rest area tipe A. Artinya, rest area dilengkapi dengan toilet pria dan wanita, area parkir mobil, dan truk, ATM, musala, SPBU, warung/kios, restoran, bengkel, klinik dan taman.

Kemudian, 22 rest area lainnya masuk dalam kategori tipe B yang dilengkapi dengan fasilitas toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, ATM,mushola, warung/kios, restoran, dan taman.

Sementara, 21 rest area sisanya merupakan tipe C yang hanya dilengkapi dengan toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, mushola, dan warung/kios. Sebagai catatan, rest area tipe C merupakan rest area yang hanya dioperasikan pada masa libur panjang, libur lebaran/natal, dan tahun baru.


Selain di Trans Jawa, BUJT juga menyiapkan 11 rest area sementara di jalan tol Trans Sumatera yang telah beroperasi baik secara operasional maupun fungsional. Rinciannya, 2 di ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, 4 di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, serta 5 di ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

"Di jalan tol yang masih fungsional, seperti Terbanggi Besar-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang juga ada rest area yang untuk sementara saja, tetapi itu lumayan ," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung DPR, Selasa (21/5).

Berdasarkan koordinasi dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian RI, Basuki mengingatkan rest area merupakan tempat peristirahatan sementara bagi pemudik. Karenanya, bagi pemudik yang sudah selesai beristirahat harap segera melanjutkan perjalanan untuk memberikan kesempatan bagi yang lain.

Apabila pemudik tidak ingin menggunakan jalan tol, pemerintah juga menjamin kondisi jalan alternatif nasional di Pulau Jawa siap digunakan. Sementara, untuk Pulau Sumatera, pemerintah masih berupaya mempercepat perbaikan jalan nasional Palembang-Jambi.

[Gambas:Video CNN]

Perbaikan ruas jalan tersebut lambat karena sempat dua kali gagal lelang.

Di tempat yang sama PT Jasa Marga Tbk., mengungkapkan persiapan penyediaan rest area di ruas tol Trans Jawa telah mencapai 95 persen.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryan, jumlah rest area yang disiapkan relatif mencukupi. Terlebih, jika diberlakukan jalur satu arah (one way), pengguna jalan bisa menggunakan rest area di bahu kiri dan kanan jalan.

"Kalau one way diterapkan, kapasitas rest area bisa dua kali lipat karena kiri kanan bisa dipakai," jelasnya.


(sfr/bir)