Layani Pemudik, AP II Tambah Jam Operasional

CNN Indonesia | Selasa, 21/05/2019 18:09 WIB
Layani Pemudik, AP II Tambah Jam Operasional Ilustrasi mudik. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Angkasa Pura II (Persero) akan menambah jam operasional seluruh bandara kelolaannya. Penambahan dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan frekuensi penerbangan akibat kegiatan mudik.

"Paling tidak beroperasi sampai pukul 24.00. Tetapi, kalau ada penerbangan yang delay (terlambat) tidak boleh ditolak, " ujar Direktur Utama APII Muhammad Awaluddin di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Selasa (21/5).

Saat ini, AP II mengelola 14 bandara di Indonesia, termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang telah beroperasi 24 jam. Dengan tambahan jam operasional, pria yang akrab disapa Awal ini optimistis mampu melayani tambahan slot penerbangan yang diajukan maskapai.


"Penambahan jam operasional akan diberlakukan mulai 29 Mei 2019 hingga 13 Juni 2019," ujarnya.


Awal mengungkapkan tahun ini perseroan telah menerima pengajuan 1.012 penerbangan tambahan yang terdiri dari 956 slot rute domestik dan 56 slot rute internasional. Tambahan penerbangan tersebut biasanya diajukan untuk jam penerbangan malam hari.

Selanjutnya, seluruh realisasi penerbangan tambahan tersebut menunggu persetujuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Sebagian dari pengajuan tersebut telah disetujui oleh Kemenhub," ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan perkiraan Kemenhub, total penumpang angkutan udara selama periode mudik tahun ini mencapai 5,78 juta orang atau sekitar 25,4 persen dari 22,83 juta orang perkiraan total pemudik. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah pemudik angkutan udara meningkat 3,17 persen.


[Gambas:Video CNN] (sfr/agt)